Rela Datang dari Luar Kota, Ratusan Ribu Relawan Antusias Dampingi Ganjar-Mahfud Daftar ke KPU

| 20 Oct 2023 06:45
Rela Datang dari Luar Kota, Ratusan Ribu Relawan Antusias Dampingi Ganjar-Mahfud Daftar ke KPU
Relawan saat mengantarkan pasangan Ganjar-Mahfud ke KPU (Dok Istimewa)

ERA.id - Ratusan ribu pendukung Calon Presiden dan Wakil Presiden, Ganjar Pranowo-Mahfud MD tumpah ruah di sekitar kawasan Tugu Proklamasi Jakarta Pusat pada Kamis (19/10/2023).

Para pendukung Ganjar-Mahfud itu berasal dari berbagai organisasi politik dan kelompok sukarelawan yang rela datang dari luar Jakarta bahkan Pulau Jawa, salah satunya dari Kota Semarang Jawa Tengah.

"Ini inisiatif kita dari tim relawan untuk mendukung Pak Ganjar Pranowo. Dari Semarang kita berangkat kemarin dari Rabu (18/10/2023) malam. 500 orang," kata Koordinator sukarelawan Mochamad Noor Faiz.

Selain dari Semarang, dia menyebutkan pula kelompok relawan lain dari berbagai daerah di Jawa Tengah seperti Pemalang dan Kendal yang datang menggunakan puluhan bus pariwisata.

Selain bertemu dan menyapa langsung Capres-Cawapres Ganjar-Mahfud, mereka juga mengantarkan langsung Ganjar-Mahfud mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat seusai acara.

Menurut Faiz, sosok Ganjar memang dikenal sebagai seorang pemimpin yang baik dan berhasil membangun Provinsi Jawa Tengah menjadi lebih baik lagi.

"Pak Ganjar orangnya baik apalagi kita juga dari Jawa Tengah (sangat mengenalnya). Kita akan support penuh untuk kemenangan beliau," tuturnya optimistis Ganjar-Mahfud menjadi Presiden dan Wakil Presiden 2024 mendatang.

Mereka terpantau sudah berada di kawasan Tugu Proklamasi sejak pagi karena antusias untuk mendampingi Capres-Cawapres pilihannya untuk mendaftar sebagai peserta Pemilihan Presiden 2024.

Sementara itu, Ganjar dan Mahfud terlihat naik ke atas panggung di depan Tugu Proklamasi sekitar pukul 11.30 WIB. Meskipun di tengah terik matahari yang panas siang itu, Ganjar-Mahfud tetap bersemangat menyapa para pendukungnya.

Seusai pertemuan itu, Ganjar-Mahfud didampingi ratusan ribu pendukungnya kemudian berangkat bersama ke Kantor KPU Pusat dengan berjalan kaki dan mengendarai kendaraan hias.

Banyaknya pendukung yang hadir membuat jalanan protokol berubah menjadi lautan manusia. Sepanjang perjalanan, mereka terus meneriakkan dukungannya kepada Ganjar-Mahfud dengan berbagai jenis kesenian dan kreativitas.

Kelompok sukarelawan yang hadir di antaranya, Mak Ganjar, Kowarteg, Orang Muda Ganjar (OMG), Ganjar Milenial Center (GMC), Srikandi Ganjar, Santri Dukung Ganjar (SDG), Ganjaran Buruh Berjuang (GBB), Desa untuk Ganjar (Des Ganjar), Ganjar untuk Semua (GUS), Gus-Gus Nusantara (GGN), Kiai Muda Jawa Timur dukung Ganjar, Ganjar Muda Padjajaran (GMP), Komunitas Ojek Online (Kajol) Indonesia dukung Ganjar, Pandawa Ganjar, Petani Tebu Bersatu (Petebu) dukung Ganjar,  Tuan Guru dukung Ganjar.

Lalu, Komunitas Supir Truk (KST), Generasi Alumni Muda Unsri dan Unila Bersama Ganjar (Crivisaya Ganjar), Alumni muda Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjajaran (Unpad) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang tergabung dalam kelompok sukarelawan Ganjartivity, Penamas, HISNU, Pergerakan Generasi Alumni Muda dan Akademisi dari Undip, Unnes, dan UNS (Pena Mas Ganjar), alumni Universitas Brawijaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan Universitas Airlangga yang tergabung dalam Ganjar Creasi (Gcreasi), Alumni Muda Universitas Sumatera Utara dan Universitas Riau (USU-Unri) atau Civitas Ganjar hingga Muslimah Ganjar.

Rekomendasi