KPU Nyatakan Berkas Anies-Muhaimin Lengkap, Lanjut ke Tahap Pemeriksaan Kesehatan

| 19 Oct 2023 11:12
KPU Nyatakan Berkas Anies-Muhaimin Lengkap, Lanjut ke Tahap Pemeriksaan Kesehatan
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari saat memberikan keterangan di Jakarta (Antara)

ERA.id - Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan dalam situasi pemilu pasti akan ada situasi kompetisi dan konflik. Tapi yang harus dipahami semuanya ada dalam satu ikatan besar bangsa Indonesia yang harus dijaga bersama.

"Secara administratif yang kami terima penilaiannya ukurannya lengkap atau belum lengkap. Sekiranya belum lengkap masih bisa dilengkapi tapi sebelum sampai di sini ada tim verifikasi,  setelah diperiksa dinyatakan lengkap," kata Hasyim di KPU, Jakarta, Kamis (19/10/2023).

Ia menjelaskan setelah ini KPU akan memasuki tahap verifikasi. Tahap ini untuk memastikan apakah dokumennya sudah benar atau tidak sah.

"Bila ada dokumen yang dinyatakan belum sah, nanti ada kesempatan untuk dilakukan pelengkapan atua perbaikan," katanya.

Ia melanjutkan tahapan selanjutnya KPU akan memberikan surat pengantar untuk pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani pasangan capres dan cawapres. Begitu juga penilaian kemampuan untuk menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden di RSPAD Gatot Subroto.

"Kami mohon dukungan dan doa, karena kami harus kuat-kuat menjaga diri di tengah kompetisi dalam pemilu ini.," kata Hasyim.

Rekomendasi