SBY: Urusan Cawapres Sepenuhnya Kewenangan Pak Prabowo

| 22 Oct 2023 02:19
SBY: Urusan Cawapres Sepenuhnya Kewenangan Pak Prabowo
Gibran dan Prabowo (Antara)

ERA.id - Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menegaskan, keputusan akhir mengenai bakal calon wakil presiden (bacawapres) yang akan diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) sepenuhnya kewenangan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Hal itu disampaikan SBY melalui cuitan di akun Twitter 'X' pribadinya, @SBYudhoyono pada Sabtu (21/10/2023) malam.

Awalnya, SBY mengungkapkan bahwa Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berencana ingin menemui dirinya dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Adapun SBY saat ini sedang berada di Jawa Tengah.

"3 hari ini saya ada di Jateng. Saya dapat info, Mas Gibran ingin temui saya dan AHY," cuit SBY.

Presiden keenam RI itu menduga, permintaan pertemuan itu ada kaitannya dengan kabar bahwa Gibran bakal terpilih sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) mendampingi Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Mungkin terkait pencalonan Mas Gibran sebagai cawapres," ucapnya.

SBY mengapresiasi langkah Gibran yang ingin menemuinya dan AHY, namun dia menegaskan bahwa urusan cawapres sepenuhnya kewenangan Prabowo selaku bakal calon presiden (bacapres) yang diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM), yang terdiri dari Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, PAN, PBB, Partai Gelora, Partai Garuda, dan PRIMA.

"Namun, urusan cawapres sepenuhnya menjadi kedaulatan dan kewenangan Pak Prabowo," tegas SBY.

Sebagai informasi, Gibran diketahui menemui Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di rumah dinasnya di Kompleks Widya Chandra, Jakarta, Sabtu (21/10) pagi.

Di hari yang sama, Partai Golkar menggelar rapat pimpinan nasional (rapimnas) yang mengusulkan Gibran sebagai bacawapres Prabowo.

Gibran juga sempat menyambangi Kantor DPP Partai Golkar di Slipi, Jakarta Barat setelah hasil rakernas diputuskan. Namun dia tak sempat bertemu Prabowo di markas partai berlambang pohon beringin itu.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sempat memberikan hasil rakernas partainya secara langsung kepada Gibran.

Sabtu sore, Gibran diketahui menemui Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra dikediamannya kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan.

Yusril membocorkan bahwa Gibran sudah mendapat restu dari KIM sebagai bacawapres dan segera didekarasikan.

Terpisah, Gibran mengaku langsung tancap gas menemui para ketua umum partai politik yang tergabung dalam KIM.

"Hari ini muter ke teman-teman ketum-ketum koalisi," kata Gibran di acara ‘Indonesia Memanggil Gibran’ di Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta, Sabtu (21/10) malam.

Namun dia tak mau mengungkapkan apa saja yang dibicarakan dengan para ketua umum partai. Dia hanya menyebut hasil pertemuan itu baik.

Gibran mau belum banyak bicara soal pencalonannya ini. Dia hanya mengatakan akan ada kejutan tambahan.

"(Hasilnya) baik," katanya.

"Ditunggu saja ya," imbuh Gibran.

Rekomendasi