Sebut Gibran Bisa Saja Batal Jadi Bacawapres Prabowo, TPN Ganjar: Di Dunia Politik, Satu Menit Bisa Berganti

| 24 Oct 2023 09:33
Sebut Gibran Bisa Saja Batal Jadi Bacawapres Prabowo, TPN Ganjar: Di Dunia Politik, Satu Menit Bisa Berganti
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Antara)

ERA.id - Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden (TPN GP) Sunanto alias Cak Nanto mengatakan, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berpeluang berubah pikiran dengan menolak pinangan Koalisi Indonesia Maju (KIM) sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) Prabowo Subianto. Menurutnya, kemungkinan itu biasa terjadi dalam dunia politik.

"Jangan-jangan enggak jadi (daftar cawapres). Karena dunia politik ini, kaya kemarin saja satu menit juga bisa berganti (keputusan)," kata Cak Nanto di Media Center TPN GP, Jalan Cemara 19, Menteng, Jakarta Pusat, Sanin (23/10/2023)

Meski begitu, politisi PDI Perjuangan itu tak terlalu berharap Gibran tetap menjadi kader partainya. Menerima atau menolak menjadi bacawapres Prabowo sepenuhnya hak putra sulung Presiden Joko Widodo itu.

"Itu hak Mas Gibran, bukan urusan partai kami," kata Cak Nanto.

Dia lantas menyinggung soal etika politik. Gibran yang hingga saat ini masih berstatus sebagai kader PDIP sebaiknya berkomunikasi dengan partai jika benar berniat maju sebagai bacawapres.

Diketahui, PDIP telah mengusung pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebagai bacapres dan bacawapres di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Kalau sebagai kader, otomatis ya etikanya silaturahim atau mengundurkan diri, biar jelas posisinya kan jadi tidak abu-abu," katanya.

"Kalau misalnya nunggu dipecat, kan nanti merasa terdzolimi, padahal ada aturan mainnya sudah harus kami jalankan," imbuh Cak Nanto.

Diberitakan sebelumnya, Koalisi Indonesia Maju (KIM) resmi menunjuk Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.

Hal ini disampaikan Prabowo usai menggelar rapat bersama dengan ketua partai dari KIM pada Minggu di kediamannya di Kertanegara, Jakarta, Minggu (22/10).

"Kita telah berembuk secara final seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai Capres KIM untuk 2024-2029 dan Saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres dari KIM," jelas Prabowo.

Namun, saat pengumuman disampaikan, Gibran tak nampak hadir di tengah-tengah ketua umum partai poliitik KIM.

Rencananya, pasangan Prabowo-Gibran akan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Rabu (25/10).

Diketahui, sehari sebelumnya pada Sabtu (21/10), Partai Golkar menggelar Rapimnas daj mengusulkan Gibran menjadi bacawapres mendampingi Prabowo Subianto.

Kakak dari Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep itu juga sudah mengunjungi seluruh pimpin partai politik yang tergabung dalam KIM.

Rekomendasi