AHY Pamer Foto Petik Apel, Kode Bakal Jadi Mentan Sebab Lobinya ke Jokowi Mulus?

| 24 Oct 2023 12:33
AHY Pamer Foto Petik Apel, Kode Bakal Jadi Mentan Sebab Lobinya ke Jokowi Mulus?
Agus Harimurti Yudhoyono saat menemui Jokowi pada 2019 silam.

ERA.id - Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono santer dikabarkan akan didapuk menjadi Menteri Pertanian menggantikan Syahrul Yasin Limpo pekan ini.

Putra dari SBY itu juga belasan jam yang lalu, mengunggah foto sedang memetik apel di Malang, Jawa Timur. Tak lupa, dia menyinggung soal pertanian di Indonesia.

"Jangan lupa untuk selalu konsumsi produk pertanian lokal kita, salah satunya produk unggulan dari Jawa Timur, yaitu Apel Malang!" tulis Agus lewat Instagram pribadinya.

Isu ini juga direspons Presiden Jokowi. Jokowi membenarkan akan merombak (reshuffle) Kabinet Indonesia Maju (KIM) pekan ini.

Dia akan melantik menteri pertanian definitif menggantikan Syahrul Yasin Limpo yang mundur karena tersangkut kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian. "Mungkin minggu ini," kata Jokowi setelah menghadiri seminar ekonomi di Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Ditanya terkait pos kementerian mana saja yang akan dirombak, Jokowi hanya mengatakan posisi menteri pertanian. Setelah Syahrul undur diri, jabatan menteri pertanian kemudian dijabat oleh Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi selaku pelaksana tugas (plt).

Jokowi menambahkan pihaknya masih mempersiapkan perombakan kabinet tersebut, sehingga dia belum bisa memastikan kapan tepatnya perombakan itu terlaksana. "Masih disiapkan," imbuhnya.

Ketika ditanya awak media apakah menteri pertanian baru akan berasal dari Partai Demokrat, Jokowi tidak memberikan pernyataan. Dia hanya menganggukkan kepalanya sembari berlalu meninggalkan kerumunan wartawan.

Rekomendasi