Adian Napitupulu Ungkap Sebab Hubungan Jokowi dengan PDIP Memanas, Ternyata soal Perpanjangan Masa Jabatan

| 25 Oct 2023 14:54
Adian Napitupulu Ungkap Sebab Hubungan Jokowi dengan PDIP Memanas, Ternyata soal Perpanjangan Masa Jabatan
Presiden Jokowi dan Megawati. (Antara)

ERA.id - Wakil Ketua Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres (TKRPP) PDI Perjuangan Adian Napitupulu mengungkapkan penyebab hubungan Presiden Joko Widodo dan partainya memanas.

Persoalannya lantaran PDIP tidak mengabulkan permintaan Jokowi untuk memperpanjang masa jabatannya sebagai presiden menjadi tiga periode dan menambah masa jabatan.

"Nah ketika kemudian ada permintaan tiga periode, kita tolak. Ini masalah konstitusi, ini masalah bangsa, ini masalah rakyat, yang harus kita tidak bisa setujui,” kata Adian dalam keterangan resminya, Rabu (25/10/2023).

Adapun alasan PDIP menolak permintaan itu karen tak ingin mengkhianati konstitusi. Dia menegaskan, partainya berprinsip konstiusi harus dijaga.

"Kalau ada yang marah karena kita menolak penambahan masa jabatan tiga periode atau perpanjangan, bukan karena apa-apa, itu urusan masing-masing. Tetapi memang untuk menjaga konstitusi. Sederhana aja,” tegasnya.

Anggota DPR RI ini mengaku tidak antipati dengan Jokowi. Dia hanya menyesalkan sikap mantan gubernur DKI Jakarta itu yang berubah begitu cepat terhadap PDIP.

Padahal partai banteng moncong putih itu sudah memberi segalanya untuk Jokowi dan keluarganya mulai dari menjadi wali kota surakarta dua periode, gubernur DKI Jakarta dan presiden dua kali.

"Ada sejarah begini, dulu ada yang datang minta jadi wali kota dapat rekomendasi, minta rekomendasi, dikasih. Minta lagi dapat rekomendasi, dikasih lagi. Lalu minta jadi gubernur, minta rekomendasi dikasih lagi. Lalu minta jadi calon presiden, minta rekomendasi dikasih lagi. Kedua kali dikasih lagi," katanya.

"Lalu ada lagi minta untuk anaknya dikasih lagi. Lalu ada diminta untuk menantu lalu dikasih lagi. Banyak benar," pungkasnya.

Rekomendasi