Komitmen Realisasi Dana Abadi Pesantren, Prabowo–Gibran Raih Dukungan Kuat Kalangan Santri Jawa Timur

| 02 Nov 2023 15:21
Komitmen Realisasi Dana Abadi Pesantren, Prabowo–Gibran Raih Dukungan Kuat Kalangan Santri Jawa Timur
Psangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. (Antara)

ERA.id - Pasangan Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Gibran Rakabuming Raka memiliki komitmen penuh untuk merealisasikan program Dana Abadi Pesantren. Hadirnya program tersebut berhasil memicu dukungan dari kalangan kuat masyarakat khususnya dari kalangan santri.

"Program yang ditawarkan Pasangan Prabowo dan Gibran yaitu dana abadi pesantren tentu berdampak secara elektoral dari kalangan santri," kata Direktur Eksekutif Partner Politics AB Solissa, saat dihubungi Kamis (02/11/2023).

Dia menjelaskan program yang ditawarkan Prabowo- Gibran ini telah mendapatkan apresiasi penuh dari sejumlah kalangan santri terutama di Jawa Timur. Hal itu karena program ini dinilai sangat membantu keberlanjutan pengelolaan pesantren dalam menjalankan fungsi pendidikan, dakwah, dan pemberdayaan masyarakat.

Upaya tersebut, lanjut dia,  tentu menciptakan akses pendidikan yang lebih baik untuk para santri. Terlebih santri memiliki peran yang sangat jelas untuk mewujudkan masa depan bangsa dan negara lebih baik.

Hadirnya kepedulian besar dari pasangan Prabowo - Gibran ini tentu membuat keduanya dicintai para santri. Dukungan ini terekam jelas dari lembaga survei Pusat Studi Anti Korupsi dan Demokrasi (PUSAD) Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya dengan responden milenial Jawa Timur.

Dalam survei tersebut memperlihatkan elektabilitas Prabowo - Gibran sangat kuat dengan hasil 35 persen suara. Raihan tersebut berhasil mengungguli pasangan Ganjar- Mahfud MD 31 persen, dan Anies - Cak Imin 24 persen.

Tentu itu menjadi bukti konkret pasangan Prabowo - Gibran punya dukungan kuat dari akar rumput Jawa Timur. Menurut Solissa hal ini memberikan peluang kemenangan yang sangat besar bagi Prabowo - Gibran di Pilpres 2024 mendatang.

"Adanya dukungan kuat ini, tentu memberikan peluang kemenangan bagi Prabowo - Gibran," pungkas Solissa.

Rekomendasi