Anies Usulkan Bawa Anak-anak Palestina ke RI: Apa Susahnya Bawa Mereka ke Sini?

| 09 Nov 2023 12:36
Anies Usulkan Bawa Anak-anak Palestina ke RI: Apa Susahnya Bawa Mereka ke Sini?
Capres Anies Baswedan. (Antara)

ERA.id - Calon Presiden Anies Baswedan mengusulkan agar anak-anak korban Perang Israel-Palestina dibawa ke Indonesia. Menurutnya, tak sulit membawa mereka ke tanah air.

"Anak-anak Palestina dari kelompok Gaza, Fatah dan lain-lain, apa susahnya bawa mereka ke sini? Lihat mereka kehidupan di sini. Bisa ratus, bisa ribu, tinggal di sini. Melihat bagaimana kita bisa bersatu, tenang, teduh. Bawa pengalaman itu mereka pulang," kata Anies dalam acara Arah dan Strategi Politik Luar Negeri di Gedung CSIS, Jakarta, dikutip Kamis (9/11/2023).

Menurutnya, usulan membawa anak-anak Palestina ke Indonesia merupakan sebuah solusi. Apalagi perdamaian dapat ditempuh lewat pendidikan budaya persatuan untuk generasi selanjutnya. Sehingga, RI dapat aktif tak hanya di level politik tapi juga pendidikan dan kultural.

"Di sisi mana yang bisa kita reach out. tujuannya membantu mempercepat terjadinya persatuan di situ," ujar Anies.

Ia menilai RI tak perlu berpretensi untuk bisa menyelesaikan konflik Israel-Palestina. Sebab dianggap jauh dari kapasitas Indonesia. Apalagi seorang Bill Clinton saja sudah pernah mencoba untuk menyelesaikan konfilk tersebut tapi gagal.

"Tidak mungkin ada peperangan yang menghasilkan perdamaian, tidak mungkin. Perdamaian itu selalu negosiasi, politik," ucapnya.

Rekomendasi