DPR Resmi Bentuk Panja Netralitas TNI Jelang Pemilu 2024

| 13 Nov 2023 13:51
DPR Resmi Bentuk Panja Netralitas TNI Jelang Pemilu 2024
Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (1/11/2023). ANTARA/Melalusa Susthira K/am.

ERA.id - Komisi I DPR RI telah membentuk Panitia Kerja (Panja) terkait netralitas TNI dalam tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengatakan, Panja Netralitas TNI akan dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi I DPR RI Utut Adianto.

"Kemarin rapat internal tanggal 8 November sudah dibentuk Panja-nya. Dan kita sudah juga menetapkan ketuanya, nanti yang memimpin Pak Utut, beliau berkenan untuk memimpin dan tentu dibarengi oleh seluruh pimpinan juga anggota Komisi I," kata Meutya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (13/11/2023).

Pembentukan Panja tersebut juga sudah dikomunikasikan dengan Calon Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. Sebab dalam waktu dekat bakal resmi bermitra dengan Komisi I DPR RI.

Menurut Meutya, Jenderal Agus bersedia kooperatif dengan Panja Netralitas TNI tersebut.

"Beliau sebelum fit and proper sudah menyatakan siap, seluruh fraksi juga menyatakan siap untuk mengawal, dan Insyaallah ini menepis kekhawatiran semua," ucap Meutya.

"Tadi beliau sudah menyatakan tegas tidak ada keraguan kepada TNI untuk hal netralitas dan Komisi I juga akan mengawal melalui Panja," imbuhnya.

Ide pembentukan Panja Netralitas TNI muncul saat Komisi I DPR RI menggelar rapat dengan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Isu netralitas aparat penegak hukum dalam tahapan Pemilu 2024 belakangan menjadi sorotan lantaran keikutsertaan putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) mendampingi Prabowo Subianto.

Rekomendasi