Detik-Detik Gibran Sungkem dan Kaesang Berlutut ke Megawati Saat Pengundian Nomor Urut Capres-Cawapres di KPU

| 14 Nov 2023 20:33
Detik-Detik Gibran Sungkem dan Kaesang Berlutut ke Megawati Saat Pengundian Nomor Urut Capres-Cawapres di KPU
Gibran dan Kaesang saat menghampiri Megawati Soekarnoputri di KPU (Gabriella Thesa Widiari/Era)

ERA.id - Putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming Raka bersalaman dan mencium tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Capres-Cawapres di Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa (14/11/2023).

Ini merupakan pertama kalinya di publik, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep bertemu dengan Megawati Soekarnoputri usai Prabowo Subianto mengumumkan putra sulung Presiden Joko Widodo itu sebagai cawapresnya.

Dalam pantauan Era, Gibran yang telah tiba di tempat duduk khusus tim pasangan calon capres-cawapres yang terpisah dari Megawati Soekarnoputri itu, nampak mengajak adiknya untuk ke arah tim dari Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Gibran pun langsung berjalan menuju arah Megawati Soekarnoputri dan bersalaman kemudian mencium tangan Ketua Umum PDIP tersebut.

Tak lama kemudian, Kaesang pun mengikuti aksi kakaknya yang tampak bersalaman dan mencium tangan. Keduanya pun juga sempat bersalaman dengan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dan juga ketua umum partai pendukungnya.

Usai aksi itu, Prabowo Subianto pun nampak mengikuti keduanya untuk bersalaman dengan Megawati dan juga kubu pendukung Ganjar-Mahfud.

Tak lama kemudian, Gibran nampak mendorong Kaesang untuk menuju ke arah Megawati Soekarnoputri kembali. Sampai di depan Megawati, Gibran nampak meminta Kaesang untuk menyampaikan sesuatu.

Kaesang pun nampak berlutut  ke arah Megawati sambil menyampaikan sesuatu ke Ketua PDIP tersebut. Tidak diketahui apa yang disampaikan oleh Ketua Umum PSI itu.

Sebelumnya, KPU RI mengadakan pengundian nomor urut pasangan calon presiden dan wakil presiden peserta Pemilu 2024 di Jakarta, Selasa malam.

KPU memulai kegiatan tersebut dengan jamuan makan malam bersama tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden. Tak hanya itu, pimpinan partai politik yang mengusulkan pasangan calon presiden dan wakil presiden pun turut diundang.

Anggota KPU RI Idham Kholik menjelaskan bahwa mekanisme pengundian akan dilakukan secara dua tahap.

Tahap pertama adalah pengambilan nomor antrean sesuai dengan urutan waktu pendaftaran bakal calon presiden dan calon wakil presiden.

Dengan demikian, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar akan mengambil nomor antrean terlebih dahulu, lalu disusul Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan terakhir Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Setelah mereka mendaftarkan nomor antrean, baru mereka mengambil nomor undian sesungguhnya untuk penetapan nomor urut pasangan calon presiden dan wakil presiden," ujar Idham.

Rekomendasi