Gibran-Kaesang Sungkem ke Megawati, TKN: Adab Baik Harus Ditiru Anak Muda

| 15 Nov 2023 12:26
Gibran-Kaesang Sungkem ke Megawati, TKN: Adab Baik Harus Ditiru Anak Muda
Nusron Wahid

ERA.id - Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Koalisi Indonesia Maju (KIM), Nusron Wahid menyebut adab anak Presiden Jokowi, yakni Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep patut dicontoh oleh anak muda.

Hal itu merujuk saat Gibran dan Kaesang sungkem ke Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, sewaktu acara pengundian nomor urut pasangan calon presiden dan calon wakil presiden di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (14/11) malam.

"Saya senang dan saya apresiasi. Ketemu orang tua Bu Mega, jongkok dan salaman. Saya kira itu adalah adab yang baik, yang merupakan harus ditiru oleh anak muda," kata Nusron dikutip Rabu (15/11/2023).

Menurutnya, sikap Gibran dan Kaesang patut dicontoh oleh masyarakat, terlebih anak muda untuk menghormati orang yang lebih tua meski berseberangan pandangan politiknya.

"Ini ditampakkan oleh Mas Gibran maupun Mas Kaesang. Saya kira itu tradisi keindonesiaan yang luar biasa dan harus ditularkan ke anak-anak muda," kata Nusron.

Begitu pula dengan sikap Megawati yang menerima kedua putra Presiden Jokowi itu dengan tangan terbuka. Menurut Nusro, momen tersebut sangat indah di tengah persaingan politik jelang Pilpres 2024.

"Perbedaan kaya apapaun ternyata masih salaman, sungkem, menghormati orang tua. Ini sungguh membahagiakan, terlepas dari hiruk pikuk demokrasi dan kompetisi," ucap politisi Partai Golkar itu.

Diberitakan sebelumnya, Gibran dan Kaesang terlihat menghampiri Megawati sesaat sebelum KPU RI membuka acara pengundian nomor urut pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2024.

Tercatat tiga kali Gibran menghampiri Megawati. Dia tampak sungkem hingga memberi hormat dengan membungkukan badan di hadapan presiden kelima RI itu.

Gibran bahkan mengajak adiknya yang juga Ketua Umum PSI, Kaesang, untuk menemui dan sungkem ke Megawati.

Sebagai informasi, hubungan Megawati dan PDIP dengan keluarga Presiden Jokowi merenggang. Penyebabnya, Gibran yang saat itu berstatus kader PDIP memilih menerima pinangan calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto, sebagai calon wakil presiden.

Padahal, PDIP telah mendeklarasikan dukungan terhadap pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD pada Pilpres 2024.

Adapun momen Gibran dan Kaesang sungkem ke Megawati itu merupakan kali pertama kedua belah pihak bertemu setelah hubungannya memanas.

Rekomendasi