TPN Ganjar-Mahfud Tambah Deputi Inklusi yang Diisi Perempuan dan Kelompok Disabilitas, Siapa Saja?

| 16 Nov 2023 07:05
TPN Ganjar-Mahfud Tambah Deputi Inklusi yang Diisi Perempuan dan Kelompok Disabilitas, Siapa Saja?
Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid, bersama divisi inklusi TPN Ganjar-Mahfud di Jakarta, Rabu (15/11/2023). ANTARA/Sanya Dinda

ERA.id - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Calon Presiden/Wakil Presiden RI Ganjar Pranowo-Mahfud Md. menambah deputi inklusi yang akan diisi oleh perempuan yang aktif di berbagai sektor publik.

Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid, mengatakan bahwa deputi ini akan diisi oleh perempuan dan kelompok disabilitas.

"Langkah ini menunjukkan komitmen TPN Ganjar-Mahfud bahwa kami ingin agar kemenangan ini tidak hanya untuk sekelompok orang, tetapi untuk semua. Seperti yang saya bilang, yang utama bukan hanya kemenangan Ganjar-Mahfud, melainkan juga kemenangan rakyat Indonesia," kata Arsjad di Kantor TPN Ganjar-Mahfud, Jakarta, dikutip dari Antara, Kamis (15/11/2023).

Arsjad mengatakan bahwa pembentukan divisi baru ini menambah energi bagi TPN Ganjar-Mahfud untuk memperjuangkan nilai-nilai demokrasi.

"Kami percaya sekali bahwa perempuan memiliki peran yang besar dalam membangun Indonesia ke depan," katanya.

Divisi tersebut akan dipimpin oleh Jaleswari Pramodhawardhani yang saat ini menjabat sebagai Deputi V Bidang Politik, Hukum, Pertahanan, Keamanan, dan Hak Asasi Manusia di Kantor Staf Presiden RI.

Perempuan yang biasa disapa Dhani itu ingin menjaga nilai-nilai demokrasi di tengah masyarakat agar bisa men-deliver program atau kebijakan dengan baik.

Oleh karena itu, dia dan beberapa aktivis perempuan lain memilih bergabung dengan TPN Ganjar-Mahfud.

"Kami tidak membayangkan bagaimana seandainya demokrasi tidak melingkupi situasi atau kehidupan politik hari ini. Hak-hak atau akses perempuan untuk memiliki kemerdekaan, baik itu tentang pendidikan, kesehatan, kemudian ekonomi dan lain-lain, itu pasti sangat berbeda situasinya," katanya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Selasa, 14 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Peserta Pilpres 2024 terdiri atas pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Rekomendasi