Bantah Hasil Survei Elektabilitasnya Merosot, Ganjar: Survei Internal Saya kok Tidak Sama Informasinya

| 24 Nov 2023 16:46
Bantah Hasil Survei Elektabilitasnya Merosot, Ganjar: Survei Internal Saya kok Tidak Sama Informasinya
Ganjar Pranowo (Dok PDIP)

ERA.id - Calon Presiden (Capres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo membantah elektabilitasnya merosot dibandingkan dua kandidat capres lainnya.

Dia mengaku, hasil survei yang banyak beredar dengan yang ada di interalnya jauh berbeda.

"Saya punya banyak survei yang semua saya baca, dan saya punya survei internal, kok tidak sama informasinya itu," kata Ganjar di kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat, Jumat (24/11/2023).

"Artinya, informasinya tidak benar," imbuhnya.

Sebelumnya, Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid juga menyampaikan hal sertupa. Dia menyebut hasil survei yang banyak beredar itu jauh berbeda dengan temuan di internalnya.

"Saya ingin menjelaskan bahwa angka-angka di survei itu dengan angka di internal kita sebenarnya agak berbeda," kata Arsjad dalam konferensi pers di Gedung High End, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (22/11/2023).

Namun dia tak menjelaskan apakah hasil survei dari internal TPN lebih baik atau lebih buruk dari temuan sejumlah lembaga survei.

Dia hanya mengatakan bahwa TPN Ganjar-Mahfud tetap mengapresiasi sejumlah hasil survei tersebut dan menjadi bahan evaluasi untuk memenangkan jagoannya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Tetap saja bagus buat kita merujuk pada yang sudah ada, walaupuun secara internal kami melihatnya berbeda," katanya.

Ketua Umum KADIN nonaktif itu menambahkan, hasil survei yang banyak beredar justru akan dijadikan strategi untuk memenangkan Capres-Cawapres nomor urut dua, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

"Jadi enggak apa-apa, kalau bicara malahan yang worst scernario itu yang terbaik yang harus kita lakukan. Walaupun tadi saya katakan bahwa sebetulanya dalam angka-angka yang ada secara internal kami itu berbeda," ucap Arsjad.

Rekomendasi