Anies Kritik Soal IKN, Menteri Bahlil Pastikan Investor Tidak Terganggu

| 27 Nov 2023 21:46
Anies Kritik Soal IKN, Menteri Bahlil Pastikan Investor Tidak Terganggu
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. (Antara)

ERA.id - Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menyebut kritik yang disampaikan pihak tertentu terkait dengan pemindahan Ibu Kota Nusantara (IKN) tidak mengganggu investor di wilayah itu.

"Enggak, investor enggak terganggu," kata Bahlil usai melaporkan perkembangan investasi kepada Presiden RI Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (27/11/2023).

Pernyataan Bahlil menjawab pertanyaan mengenai kritik yang disampaikan Calon Presiden RI Anies Baswedan soal IKN.

Bahlil mengatakan bahwa pemindahan ibu kota negara berdasarkan undang-undang, bahkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) selaku partai yang mendukung Anies Baswedan dalam pemilu juga mendukung UU IKN.

"Apa yang mau dikritik? Itu 'kan PKB juga setuju. Itu 'kan undang-undang, jadi di negara ini berjalan harus berdasarkan undang-undang," ujarnya.

Ia lantas mengatakan, "Partai pendukung AMIN (Anies-Muhaimin) itu 'kan juga PKB, dan itu adalah undang-undang dan sekarang IKN jalan terus, itu merupakan kewajiban, apa yang menjadi masalah?"

Diakuinya bahwa dalam implementasi sebuah undang-undang sering kali perlu perbaikan-perbaikan. Namun, hal itu wajar dalam pemerintahan.

"Bahwa masih ada, harus ada perbaikan, ya, itulah artinya sebuah pemerintahan. Harus ada proses. Ini persoalan keberanian untuk melakukan itu," ujarnya. (Ant)

Rekomendasi