Kampanye Perdana di Merauke, Ganjar Canangkan Program 1 Desa 1 Faskes dan Nakes

| 28 Nov 2023 15:53
Kampanye Perdana di Merauke, Ganjar Canangkan Program 1 Desa 1 Faskes dan Nakes
Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo. (Dok. PDIP)

ERA.id - Calon Presiden (Capres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo memulai kampanye perdananya di Desa Waninggap Nanggo, Distrik Semangga, Kabupaten Merauke, Papua Selatan, Selasa (28/11/2023).

Di hadapan masyarakat Desa Waninggap Nanggo, Ganjar menjanjikan bakal mendirikan fasilitas kesehatan dan menyedian tenaga kesehatan minimal satu di setiap desa-desa apabila memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hal itu merupakan salah satu program unggulannya bersama calon wakil presidennya Mahfud MD.

Menurut Ganjar, masyarakat memang mendambakan layanan kesehatan yang dekat, cepat, murah dan baik. Untuk itu, Program 1 Desa, 1 Faskes, dan 1 Nakes akan didahulukan di desa-desa tertinggal, terdepan dan terluar (3T).

"Program 1 desa, 1 faskes, 1 nakes ini khususnya di daerah 3T seperti di Merauke," ungkap Ganjar.

Alasan itu pula yang mendorongnya untuk memulai kampanye di kampung-kampung ketimbang kota besar. Menurutnya, jika menginginkan Indonesia menjadi lebih baik, maka pembangunan harus dimulai dari desa.

"Kita akan membangun dari desa. Kalau Indonesia mau dibangun jadi lebih baik, desa-desanya harus menjadi lebih baik terlebih dahulu," kata Ganjar.

Terkait dengan program unggulannya 1 desa, 1 faskes, dan 1 nakes, dia menjelaskan bahwa sakit menjadi kekhawatiran utama masyarakat Indonesia, baik di kota maupun di desa.

Sebab, anggota keluarga yang sakit menjadi tidak produktif. Di sisi lain, anggota keluarga yang tidak sakit ikut tidak produktif karena harus merawat yang sakit.

Maka idealnya, di setiap desa ada 1 fasilitas kesehatan yang layak dan minimal satu orang tenaga kesehatan profesional. Dengan demikian, menurut Ganjar masyarakat desa bisa menjadi lebih sehat, semakin produktif, dan akhirnya lebih sejahtera.

"Program ini adalah bagian dari komitmen Ganjar-Mahfud untuk membangun sumberdaya manusia desa," pungkas Ganjar

Sebelumnya, Dewan Penasihat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Yenny Wahid mengatakan, kesejahteraan masyarakat merupkan fokus utama pasangan Ganjar-Mahfud. 

Putri Presiden keempat RI it menjabarkan program-program kerja Ganjar-Mahfud. Diantaranya seperti membangun puskesmas dan posko-posko kesehatan di setiap kampung

"Ini masalah yang paling mendasar yang duhadapi oleh banyak masyarakat kita di daerahh pesisir, daerah pedalaman terutama pedalaman Papua," kata Yenny.

"Kita sama-sama tahu bahwa akses kepada posko kesehatan, kepada layanan kesehatan masih sangat minim. Ini jadi fokus utama dari Ganjar-Mahfud. Strategi ke depan adalah peningkatan kepada dialog partisipasi masyarakat, dan ketiga aspek kesejahteraan," pungkasnya.

Rekomendasi