Seniman Agus Noor dan Butet Kartaredjasa Ngaku Diintimidasi Saat Gelar Pentas TIM Jakarta, Ini Respon Polri

| 05 Dec 2023 17:05
Seniman Agus Noor dan Butet Kartaredjasa Ngaku Diintimidasi Saat Gelar Pentas TIM Jakarta, Ini Respon Polri
Kadiv Humas Polri, Irjen Sandi Nugroho. (Antara)

ERA.id - Penulis naskah teater, Agus Noor dan seniman Butet Kartaredjasa diduga diintimidasi polisi saat menggelar pertunjukan bermuatan satir politik di Taman Ismail Marzuki, Jakarta pada Jumat (1/12) lalu.

Pentas berjudul "Musuh Bebuyutan" yang berlangsung pada 1-2 Desember 2023 itu merupakan produksi ke-41 Indonesia Kita. Agus menyampaikan pihak kepolisian meminta agar dirinya menandatangani pernyataan jika pentas Musuh Bebuyutan tidak memuat unsur politik.

"Setelah masa Orde Baru, baru kali ini saya sebagai penulis dan sutradara merasakan ketegangan menjelang pementasan. Diminta menandatangani pernyataan bahwa lakon ini tidak menyentuh isu politik. Hehe. Lelucon seringkali menjadi ancaman terhadap kekuasaan," kata Agus dilihat di akun Instagram-nya @agusnoor_, dilihat Selasa (5/12/2023).

Dikonfirmasi, Kadiv Humas Polri, Irjen Sandi Nugroho menyebut seluruh anggota Polri netral, terlebih saat Pemilu 2024 yang sedang berlangsung saat ini.

"Jadi gini, polisi netral dalam kegiatan-kegiatan yang sudah diselenggarakan, apalagi dalam Pemilu," kata Sandi kepada wartawan, Selasa (5/12/2023).

Sandi menambahkan masyarakat bisa melapor ke Propam bila menemukan ada anggota Polri yang diduga melakukan pelanggaran.

"Apabila ada oknum yang tidak sesuai ketentuan, silakan dilaporkan. Jadi kita tidak usah berpersepsi, tidak usah berandai-andai," tambahnya.

Rekomendasi