TNI Bantah Lapangan Rindam Jaya Dipakai untuk Acara Doa Bersama Prabowo-Gibran

| 07 Dec 2023 14:22
TNI Bantah Lapangan Rindam Jaya Dipakai untuk Acara Doa Bersama Prabowo-Gibran
Gibran Rakabuming bersama Prabowo Subianto.

ERA.id - Beredar poster berisi ajakan doa bersama untuk kemenangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di lapangan Rindam Jaya, Condet, Jakarta Timur (Jaktim).

Dari poster yang beredar di media sosial WhatsApp, acara itu digelar pada 13 Januari 2024 pukul 08.00 WIB. Acara itu bakal dihadiri para habib, ulama, dan tokoh masyarakat.

Dikonfirmasi, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengaku belum mengetahui ada acara tersebut di Lapangan Rindam Jaya.

"Belum, belum dengar saya ada (acara doa kemenangan) itu," kata Agus kepada wartawan di kawasan Jakarta Selatan (Jaksel), Kamis (7/12).

Agus pun mewanti-wanti agar seluruh prajurit TNI tetap netral. Hal ini sesuai Pasal 39 UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia dan Pasal 200 serta Pasal 280 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

"Apabila tentara aktif berpolitik praktis akan ada tindakan pidana maupun tindakan disiplin dari atasannya," ucap Agus.

Jenderal bintang empat TNI ini menjelaskan pihaknya telah berupaya mencegah adanya prajurit yang ikut dalam politik praktis dengan mengeluarkan berbagai macam imbauan.

Terpisah, Kadispenad, Brigjen Kristomei Sianturi memastikan acara doa bersama untuk Prabowo-Gibran tidak pernah dijadwalkan untuk digelar di Lapangan Rindam Jaya.

"Saya sudah cek dan dan tanyakan ke Rindam Jaya, Kodam Jaya, bahwa tidak pernah Rindam Jaya membuat rencana atau akan ada kegiatan yang menggunakan lapangan Rindam Jaya Condet seperti di dalam flyer yang beredar," ujar Kristomei.

Rekomendasi