Soal Sindiran Joget , Anies Baswedan: Spontanitas

| 07 Dec 2023 22:16
Soal Sindiran Joget , Anies Baswedan: Spontanitas
Capres, Anies Baswedan. (Gabriella/ERA)

ERA.id - Calon Presiden (Capres) nomor urut satu, Anies Baswedan mengaku tak punya maksud tertentu saat melontarkan gurauan soal berjoget. Menurutnya, hal itu hanya ucapan spontan saja.

"Enggak ada (sindir siapa-siapa). Itu kan spontanitas, kan spontanitas, boleh kan?" kata Anies usai menghadiri acara 'Desak Anies' di Bento Kopi Lampung, Kamis (7/12/2023).

Dia juga meluruskan ucapannya soal ada yang hanya diam saja ketika banyak diberi pertanyaan. Menurutnya, hal itu hanya sekedar menanggapi candaan moderator saat dirinya disebut hanya pinter berkata-kata saja.

Menurutnya, tidak mungkin suatu pertanyaan hanya ditanggapi dengan diam saja atau berjoget.

"Ketika tadi ditanyaiin, saya ingin menjelaskan. Ketika saya menjelaskan, itu dikomentari. Lah ini gimana? Pertanyaannya dalam bentuk kata-kata, masa saya jawabnya bukan dengan kata-kata? Ya harus pakai kata-kata," ucap Anies.

Menurutnya, apapun jawabannya terhadap berbagai pertanyaan itu silahkan saja dinilai oleh publik.

"Ketika jawabannya disampaikan, silahkan menilai, masuk akal atau tidak? Kalau masuk akal, ya masukkan dalam akal," ucap mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Sebelumnya, Anies diminta berjoget di sela-sela menghadiri acara dialog bertajuk 'Desak Anies'.

Awalnya, moderator menggoda Anies apakah sudah cukup terdesak dengan banyaknya pertanyaan dari para anak muda di Lampung.

Anies hanya menjawab singkat bahwa dirinya masih sangat siap meladeni pertanyaan-pertanyaan untuknya.

Lantas moderator menyarankan Anies untuk berjoget apabila merasa tegang dengan banyaknya pertanyaan dari warga Lampung.

Sejumlah penonton kemudian berteriak bahwa Anies tak bisa joget, melainkan hanya pandai berkata-kata.

"Atau mau joget-joget dulu biar rileks? Oooh Anies enggak pinter joget katanya, pinternya di kata-kata aja," kata moderator.

Menanggapi ajakan itu, Anies hanya tertawa dan menjawab singkat. Menurutnya, pertanyaan tak perlu ditanggapi dengan berjoget jika punya gagasan.

"Kalau ada gagasan tak perlu berjoget," kata Anies sambil tertawa.

Tak hanya itu, Anies juga menjawab sindirian dirinya hanya pintar berkata-kata saja. Menurtnya hal itu lebih baik ketimbang hanya diam saja ketika ditanya.

"Jadi kalau enggak dijawab salah. Kalau dijawab dibilang bermain kata-kata. Loh argumen kok. Tapi di balik itu semua, lebih baik menerima pertanyaan dan dijawab, daripada banyak pertanyaan dan tak pernah berkata-kata," kata Anies. 

Rekomendasi