Gibran Siap Unjuk Gigi Saat Debat Pilpres di KPU

| 09 Dec 2023 16:16
Gibran Siap Unjuk Gigi Saat Debat Pilpres di KPU
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Antara)

ERA.id - Calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka siap berdebat dalam kontestasi Pilpres 2024 yang diselenggarakan KPU.

"Sudah, sudah (siap), sudah simulasi juga," kata Gibran kepada wartawan, Sabtu (9/12/2023).

Gibran menambahkan dirinya juga akan melakukan simulasi debat bersama pasangannya, Prabowo Subianto. Namun, anak Presiden Jokowi ini tidak merinci kapan simulasi itu dilakukan.

"Nanti ada (bareng Prabowo)," ucapnya.

Sebelumnya, KPU telah menetapkan tema debat untuk capres dan cawapres pada Pilpres 2024. Adapun debat pertama akan digelar pada 12 Desember 2023.

"Untuk debat pertama, tanggal 12 Desember 2023 akan dilaksanakan di kantor KPU," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dalam konferensi pers di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Rabu (6/12).

Debat Pilpres 2024 akan digelar lima kali dengan komposisi tiga kali debat capres dan dua kali debat cawapres. Untuk debat pertama yang diikuti oleh capres, KPU RI akan mengangkat tema terkait pemerintahan, hukum, HAM, hingga soal demokrasi.

Sementara debat kedua yang diikuti oleh cawapres akan mengangkat tema soal ekonomi dan influencer. Lalu, tema debat ketiga adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik. Pada sesi ini yang akan berbicara adalah capres.

Kemudian tema keempat yang diikuti cawapres akan membahas soal pembangunan berkelanjutan, kemudian sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

"Kemudian, topik terakhir, tema debat terakhir menjadi porsinya debat capres meliputi kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan juga inklusi," ucap Hasyim.

Rekomendasi