Gibran Yakin Jumlah Pemilih Bimbang Berubah Setelah Debat Pilpres 2024

| 11 Dec 2023 21:55
Gibran Yakin Jumlah Pemilih Bimbang Berubah Setelah Debat Pilpres 2024
Gibran Rakabuming (Antara)

ERA.id - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka meyakini, jumlah pemilih bimbang atau undecidedvoters akan berubah setelah debat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 berlangsung.

"Yang belum menentukan pilihan memang banyak mungkin sebagian besar masih nunggu debat ya," kata Gibran saat ditemui di Pasar Rumput, Jakarta, Senin (11/12/2023).

Menurutnya, dalam dua bulan mendatang, akan terlihat sikap dari para pemilih bimbang di Pilpres 2024.

"Kita tunggu aja satu bulan ini dua bulan ini progresnya seperti apa," ucapnya.

Putra sulung Presiden Joko Widodo itu menegaskan, apapun hasil survei terhadap pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut dua, dirinya dan Prabowo Subianto akan terus bekerja keras.

"Ya yang jelas survei tinggi survei rendah kita tetap kerja keras," tegas Gibran.

Sebagai informasi, Kelompok pemilih bimbang atau undecidedvoters untuk pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) peserta Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 meningkat mencapai 28,7 persen. Hasil tersebut berdasarkan survei terbaru Litbang Kompas yang dikutip Senin (11/12/2023).

Jumlah responden yang masih ragu-ragu menentukan pilihannya itu juga tak jauh berbeda pada pilihan terhadap capres tanpa pasangan, yang mencapai 24,9 persen. Angka tersebut meningkat tajam dari hasil survei periode Agustus 2023 yaitu sebesar 15,4 persen.

Menurut Litbang Kompas, kelompok pemilih bimbang ini akan menentukan berlangsungnya Pilpres 2024, apakah akan satu putaran atau dua putaran.

Rekomendasi