Pasokan Listrik Lima Lapis Disiapkan untuk Debat Capres Pemilu 2024 di KPU

| 12 Dec 2023 17:35
Pasokan Listrik Lima Lapis Disiapkan untuk Debat Capres Pemilu 2024 di KPU
PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya menyiapkan pasokan listrik lima lapis saat debat Calon Presiden (Capres) Pemilu 2024 ANTARA/Ho/PLN UID Jakarta Raya

ERA.id - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya menyiapkan pasokan listrik lima lapis untuk mengamankan debat Calon Presiden (Capres) Pemilu 2024 di gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta Pusat, Selasa mulai pukul 19.00 WIB.

"Kami siap dengan pasokan listrik sampai lima lapis untuk mengamankan debat Capres dan Cawapres perdana di KPU, tentunya dengan berbagai skenario yang tertuang dalam prosedur operasional standar (SOP)," kata General Manager PLN UID Jakarta Raya, Lasiran saat dikonfirmasi di Jakarta dikutip dari Antara, Selasa (12/12/2023).

Pasokan listrik lima lapis tersebut berasal dari sumber listrik PLN, suplai daya bebas gangguan (uninterruptible power supply/UPS) dan genset yang telah diuji coba sebelumnya dalam berbagai simulasi.

"Pasokan listrik dari sumber PLN saja ada tiga yaitu satu pasokan utama dan dua pasokan cadangan," ujar Lasiran.

Selain itu, Lasiran mengatakan pasokan listrik keempat berasal dari UPS dan pasokan kelima yaitu dari genset.

PLN UID Jakarta Raya juga telah berkoordinasi dengan KPU dan melakukan uji simulasi terhadap skenario kelistrikan yang telah dibuat.

Persiapan kelistrikan KPU dalam rangka Pemilu 2024 ini, kata Lansiran telah disiapkan selama enam bulan sebelum pelaksanaan dengan lima langkah perkuatan yaitu inspeksi gardu distribusi listrik, pemeliharaan gardu distribusi listrik, survei keandalan, mobilisasi dan pemasangan peralatan pendukung, serta simulasi skenario keandalan listrik.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengungkapkan mekanisme debat perdana calon presiden-wakil presiden (capres/cawapres) yang dijadwalkan berlangsung di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (12/12).

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan debat perdana ini akan dimulai pada pukul 19.00 WIB yang diikuti oleh calon presiden (capres).

Adapun untuk durasi debat akan berjalan selama 150 menit. Meski demikian, durasi khusus debatnya 120 menit atau dua jam.

"Siapa yang berdebat? Ya untuk besok malam kesempatan pertama pada debat capres-cawapres, di panggung untuk berdebat hanya capresnya saja," ujar Hasyim saat konferensi pers persiapan debat capres/cawapres di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin (11/12).

Rekomendasi