Mekanisme Debat Capres-Cawapres 2024, Rundown, dan Jadwalnya

| 12 Dec 2023 18:00
Mekanisme Debat Capres-Cawapres 2024, Rundown, dan Jadwalnya
Ketua KPU Hasyim Asy'ari dalam konferensi pers persiapan debat capres cawapres (antaranews)

ERA.id - Debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Pemilu 2024 putaran pertama digelar malam ini. Terkait hal itu, mekanisme debat capres-cawapres 2024 telah disampaikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari, menyampaikan bahwa debat nanti malam dimulai pukul 19.00 WIB. Peserta debatnya adalah capres.

"Siapa yang berdebat? Ya untuk besok malam kesempatan pertama pada debat capres-cawapres, di panggung untuk berdebat hanya capresnya saja," terang Hasyim dalam konferensi pers persiapan debat capres-cawapres di Kantor KPU RI, Senin (11/12/2023).

Mekanisme Debat Capres-Cawapres 2024

Debat capres-cawapres yang dikhususkan untuk capres nanti malam memiliki durasi total 150 menit. Namun, durasi khusus debat adalah 120 menit atau 2 jam.

Dalam rentang 120 menit itu, debat capres akan dibagi menjadi 6 segmen yang dipisah dengan jeda iklan. Dalam masing-masing segmen, penyelia memiliki hak untuk memberikan tiga pertanyaan kepada para capres.

"Sebagai gambaran begini, pada kesempatan pertama itu nanti saya sampaikan bahwa panelis akan menyusun 18 pertanyaan. Itu kan ada 6 segmen, berarti ada 3 pertanyaan yang disiapkan untuk masing-masing segmen," terang Hasyim.

Pasangan capres-cawapres (situs resmi KPU)

Setelah itu, para capres mengambil pertanyaan yang telah disiapkan oleh para panelis secara acak. Setelah capres A memberikan jawaban, capres B dan C mendapatkan kesempatan untuk memberikan tanggapan. Kemudian, capres A mendaptkan kesempatan untuk menanggapi tanggapan tersebut.

"Setelah menanggapi, calon A juga diberikan kesempatan untuk menanggapi balik supaya kemudian clear (jelas) di bagian perdebatan itu. Tapi pada dasarnya di bagian awal sebelum masuk kepada pertanyaan, masing-masing diberikan kesempatan untuk menyampaikan visi misi program sesuai dengan tema," jelas Ketua KPU RI.

Sebagai informasi tema debat pertama capres nanti malam adalah pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Rundown Debat Pertama Capres

Berkaitan dengan segmen-segmen selama acara debat capres-cawapres 2024, berikut adalah rinciannya.

1.       Segmen pertama

Para calon menyampaikan visi, misi, dan program kerja masing-masing. Masing-masing capres menyampaikan informasi itu secara bergantian sesuai nomor urut.

2.       Segmen kedua dan ketiga

Ini adalah segmen pendalaman visi dan misi. Para panelis yang telah ditunjuk akan mengundi pertayaan.

Moderator menyampaikan pertanyaan-pertanyaan terkait. Pihak yang bisa berinteraksi tidak hanya moderator dengan capres, tapi juga antarcapres. Mereka bisa berinteraksi dan saling sanggah atau memberikan tanggapan.

3.       Segmen keempat dan kelima

Masing-masing capres menyampaikan pertanyaan kepada capres lain. Para capres bisa berinteraksi dan memberikan tanggapan satu sama lain.

4.       Segmen keenam

Ini adalah segmen penutup yang diisi dengan pernyataan penutup oleh masing-masing capres.

Sebagai informasi, KPU menetapkan jadwal debat capres-cawapres Pemilu 2024 berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024, yaitu 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

Debat pertama digelar tanggal 12 Desember 2023, debat kedua digelar tanggal 22 Desember 2023. Debat ketiga digelar tanggal 7 Januari 2024, debat keempat digelar tanggal 21 Januari 2024. Kemudian, debat kelima atau terakhir digelar tanggal 4 Februari 2024.

Itulah menjelasan dari mekanisme debat capres-cawapres 2024. Untuk mendapatkan info menarik lainya, ikuti terus berita terbaru Era.id.

Rekomendasi