Debat Pilpres Perdana, Anies: Banyak Aturan Ditekuk Penguasa, Apa Akan Diteruskan? Tidak!

| 12 Dec 2023 19:54
Debat Pilpres Perdana, Anies: Banyak Aturan Ditekuk Penguasa, Apa Akan Diteruskan? Tidak!
Anies Baswedan.

ERA.id - Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menjadi pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden menghadiri debat perdana Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2024, di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta, Selasa malam.

Anies-Muhaimin tiba di Jalan Imam Bonjol, Jakarta, sekitar pukul 18.57 WIB. Mereka turun tepat di pintu masuk Gedung KPU dari minibus berwarna hitam

Mengenakan jas hitam berbalut kemeja putih, Anies-Muhaimin didampingi istri masing-masing kemudian memasuki gedung KPU. Keduanya melambaikan tangan ke awak media sembari berjalan masuk ke Gedung KPU.

Saat dipersilakan untuk membuka visi-misinya, Anies tampil ke atas panggung dan langsung menyinggung soal aturan yang ditekuk sesuai kepentingan.

Menurut Anies, negara hukum mesti menempatkan hukum sebagai rujukan utama untuk memastikan rasa keadilan. Maka dari itu, hal tersebut harus dipegang teguh oleh pemegang kekuasaan.

"Banyak aturan ditekuk sesuai dengan kepentingan yang sedang memegang kekuasaan.  Apakah ini akan diteruskan? Tidak, ini harus diubah, ini harus dikembalikan."

Anies juga menyingung soal pemerintahan hari ini yang sering tidak sesuai dengan prinsip-prinsip hukum yang dipegang.

"Perubahan ini harus kita kembalikan, negara hukum bukan negara kekuasaan. Dalam negara hukum, hukum yang mengatur kekuasaan. Dalam negara kekuasaan, hukum diatur penguasa dan kita tidak menginginkan itu terjadi," tandasnya.

Rekomendasi