Ditanya soal Masalah HAM di Papua dalam Debat, Prabowo: Rumit, Ada Campur Tangan Asing

| 12 Dec 2023 20:22
Ditanya soal Masalah HAM di Papua dalam Debat, Prabowo: Rumit, Ada Campur Tangan Asing
Prabowo Subianto (Dok. Prabowo)

ERA.id - Debat capres-cawapres Pemilu 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12/2023) resmi dibuka. Seluruh pasangan calon hadir.

Yang pertama ditanyai adalah calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto. Kata moderator, tren kekerasan meningkat di Papua, sementara masalah keadilan dan HAM masih belum terselesaikan sehingga konflik terus berlanjut.

Panelis melanjutkan, apa strategi yang Prabowo siapkan untuk menyelesaikan masalah Hak Asasi Manusia (HAM) di Papua secara komprehensif?

Prabowo pun menjawab kalau ada kekuatan asing turut campur tangan dalam konflik yang berkepanjangan di Papua itu.

"Masalah papua adalah rumit karena di situ terjadi suatu gerakan separatisme dan gerakan separatisme sudah ikuti cukup lama kita melihat ada campur tangan asing di situ."

Prabowo melanjutkan kalau ada kekuatan tertentu yang selalu ingin Indonesia disintegrasi dan pecah.

"Kita melihat bahwa kekuatan tertentu selalu ingin indonesia disintegrasi dan pecah, untuk itu, memang masalah hak asasi manusia itu menjadi sesuatu yang harus kita utamakan."

"Dan di antaranya juga kita harus lindungi seluruh rakyat Papua, karena di situ kelompok teroris sekarang menyerang orang papua sendiri, rakyat tak berdosa."

Untuk diketahui, debat pertama Pilpres 2024, Selasa malam, merupakan debat antarcapres yang mengangkat tema tentang pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Rangkaian debat akan dilanjutkan pada 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

KPU menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (nomor urut 1), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (nomor urut 2), dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD (nomor urut 3).

Rekomendasi