Momen Prabowo Tak Sabar Jawab Sanggahan dari Ganjar soal Isu HAM saat Debat Pilpres 2024

| 12 Dec 2023 20:44
Momen Prabowo Tak Sabar Jawab Sanggahan dari Ganjar soal Isu HAM saat Debat Pilpres 2024
Capres Prabowo Subianto. (Antara)

ERA.id - Calon Presiden (Capres) nomor urut dua, Prabowo Subianto terlihat tak sabaran menjawab sanggahan dari Capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo terkait isu penyelesaian konflik dan hak asasi manusia (HAM) di Papua.

Momen itu terjadi saat debat perdana Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023).

Awalnya, Prabowo menjawab pertanyaan dari moderator terkait strateginya untuk menyelesaikan masalah HAM dan konflik di Papua. Salah satunya dengan melakukan penegakan hukum dengan memperkuat aparat-aparat penegak hukum di Papua.

"Jadi rencana saya, pertama tentunya menegakan hukum. Memperkuat aparat-aparat jadi rencana saya, pertama tentunya menegakan hukum. Memperkuat aparat-aparat di situ dan juga mempercepat pembangunan ekonomi," kata Prabowo.

Dia juga menegaskan akan melanjutkan apa yang sudah dikerjakan oleh Presiden Joko Widodo untuk memajukan Papua. Terlebih, daerah bagian timur Indonesia itu saat ini tengaj diancam oleh kelompok-kelompok separatis atau teroris.

"Jadi yang saya katakan adalah saya akan lanjutkan, kita harus membawa kemajuan ekonomi sosial yang terbaik untuk rakyat Papua, melindungi keganasan rakyat papua dari separatis teroris, dan menjamin penegakan HAM," ucapnya.

Menanggapi jawaban itu, Ganjar kurang sependapat. Menurutnya, masalah HAM dan konflik di Papua tak cukup dengan penegakan hukum saja. Melainkan mengedepankan dialog, agar semua kelompok yang ada di Papua bisa menyelesakan bersama masalah yang ada.

"Menurut saya, rasa-rasanya tidak cukup Pak Prabowo. Karena dialog menurut saya menjadi sesuatu yang penting agar seluruh kekuatan yang ada di sana, seluruh kelompok yang ada di sana bisa duduk bersama untuk menyelesaikan itu. Itu menurut saya roots (akar) masalahnya," ucap Ganjar.

Setelah itu, mantan gubernur Jawa Tengah itu bertanya kepada Prabowo apakah setuju dengan idenya untuk mengedepankan dialog di Papua.

"Pertanyaan saya simple saja, apakah bapak setuju dengan model dialog yag saya tawarkan itu?" tanya Ganjar.

Usai Ganjar menyampaikan sanggahan, Prabowo nampak ingin langsung menjawab. Padahal belum diberi kesempatan untuk menjawab.

"Jadi gini, penyelesaian...," kata Prabowo.

"Bapak Prabowo kita tahan dulu," kata moderator.

Namun menteri pertahanan itu ngotot ingin segera menjawab.

"Saya mau jawab," kata Prabowo sambil menunjuk-nunjuk.

"Tahan dulu, pak. Waktunya bapak merespons nanti setelah mendengar tanggapan dari paslon nomor satu," ujar moderator menjelaskan.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menggelar debat Pilpres 2024 perdana hari ini.

Debat perdana itu akan diikuti tiga capres. Adapun tema yang diangkat terkait hukum, hak asasi manusia (HAM), pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

Rekomendasi