Jelang Debat Cawapres, Tim Ekonomi TPN Siapakan Sejumlah Materi untuk Mahfud MD

| 19 Dec 2023 14:46
Jelang Debat Cawapres, Tim Ekonomi TPN Siapakan Sejumlah Materi untuk Mahfud MD
Mahfud MD (Antara)

ERA.id - Tim Pemenangan Nasional (TPN) membentuk tim ekonomi khusus untuk mempersiapkan materi yang dipelajari Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut tiga, Mahfud MD sebagai persiapan debat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Diketahui, debat kedua Pilpres 2024 akan digelar pada Jumat (22/12) yang akan diikuti oleh tiga cawapres. Materi debat akan membahas soal isu-isu terkait Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.

"Ada tim ekonomi kita yang sudah menyiapkan beberapa materi (untuk persiapan debat cawapres)," ujar Calon Presiden (Capres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo di kawasan Bantul, Yogyakarta, Selasa (19/12/2023).

Dia meyakini Mahfud bakal cepat belajar dan menangkap materi-materi yang sudah dipersiapkan oleh tim ekonomi.

Meskipun Mahfud terkenal dengan latar belakang penegakan hukum, Ganjar mengatakan bahwa calon wakilnya itu mampu menyampaikan materi ekonomi saat debat berlangsung.

"Pak Mahfud orangnya humble, beliau orang yang sangat smart, memahami persoalan cukup mudah," kata Ganjar.

"Bukan berarti tidak punya pengalamaan (lantas tidak bisa menyampaikan materi ekonomi). Karena beliau adalah orang yang belajarnya sangat cepat. Sehingga beberapa konsepsi bisa disampaikan, langsung kasih masukan yang sifatnya bagus," imbuhnya.

Meskipun Mahfud dinilai tak punya pengalaman di bidang ekonomi, menurut Ganjar, mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu diyakini bisa memberikan penjelasan dengan mudah.

Misalnya terkait dengan anggaran. Menurut Ganjar, untuk hal itu Mahfud jelas punya pengalaman karena pernah duduk di kursi legislatif.

"Ada ekonomi yang makronya, mungkin anggarannya, beliau pernah di legislatif, eksekutif, yudikatif," kata Ganjar.

Lebih lanjut, Ganjar juga ikut membantu menyiapkan materi debat untuk Mahfud. Terlebih, selama kampanye dia kerap berkeliling ke sejumlah pasar.

Pengalamannya blusukan ke pasar-pasar di berbagai daerah bakal menjadi bekal tambahan untuk Mahfud yang akan disampaikan saat debat Pilpres 2024.

"Pasti. Pada beberapa harga komoditas adalah stabilisasi. Stabilisasi butuh instrumen termasuk perdagangan antar daerah," kata Ganjar.

Rekomendasi