Gibran Jadi Pembuka Debat Cawapres Besok, Ini Alasannya

| 21 Dec 2023 18:51
Gibran Jadi Pembuka Debat Cawapres Besok, Ini Alasannya
Ketua KPU, Hasyim Asy'ari. (Antara)

ERA.id - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka akan menjadi pembuka dalam debat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 pada Jumat (22/12) besok.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari mengatakan, Gibran akan diberi kesempatan pertama untuk memaparkan visi misinya dalam segmen pertama.

"Pada debat kedua nanti, visi misi program akan dimulai oleh cawapres nomor urut dua," kata Hasyim dalam konferensi pers di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (21/12/2023).

Alasannya, pada debat pertama, KPU RI memberikan kesempatan pertama untuk pemaparan visi misi kepada Calon Presiden (Capres) nomor urut satu, Anies Baswedan.

Sehingga, pada debat selanjutnya akan digilir. Artinya, paslon nomor dua yang mendapat kesempatan pertama untuk berbicara. Begitu juga di debat-debat selanjutnya.

"Jadi dimulainya debat capres atau cawapres nomor urut sekian disesuaikan dengan debat babak pertama kemarin. Kesempatan pertama dibuka capres nomor urut satu, dan debat kedua, debat cawapres akan dimulai dengan visi misi program nomor urut dua," papar Hasyim.

Sebagai informasi, debat kedua Pilpres 2024 hanya akan diikuti oleh tiga kandidat cawapres yaitu Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD.

Adapun tema debat kedua yaitu ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur dan perkotaan.

Rekomendasi