PDIP Yakin Mahfud MD Tampil Maksimal saat Debat Cawapres, Meskipun Temanya Menyangkut Ekonomi

| 22 Dec 2023 17:44
PDIP Yakin Mahfud MD Tampil Maksimal saat Debat Cawapres, Meskipun Temanya Menyangkut Ekonomi
Ganjar Pranowo dan Mahfud MD (Antara)

ERA.id - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto meyakini Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut tiga, Mahfud MD bakal tampil maksimal dalam debat kedua Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 malam nanti.

Meskipun isu debat kali ini adalah isu ekonomi yang cukup jauh dari bidang hukum yang dikuasai Mahfud, namun Hasto yakin mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu mampi memberikan jawaban-jawaban yang dibutuhkan masyarakat.

"Prof Mahfud bisa memberikan jawaban yang dibutuhkan rakyat Indonesia. Jadi kami percaya Prof Mahfud itu akan tampil terbaik," kata Hasto di kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023).

Dia menambahkan, berdasarkan hasil survei sebanyak 58,9 persen responden mengharapkan debat kedua ini bisa lebih banyak menyoroti isu ekonomi kerakyatan.

Isu ekonomi kerakyatan, kata Hasto, sangat sesuai dengan visi misi dah program dari pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

"Ekonomi kerakyaran ini kan Pak Ganjar banget," kata Hasto

Dia mengklaim, hanya Ganjar-Mahfud paslon yang memiliki komitmen untuk menciptakan 17 juta lapangan kerja, menaikan pertumbuhan ekonomi hingga tujuh persen dengan memanfaatkan bonus demograsi yang ada.

Ditambah lagi dengan pengalaman Ganjar sebagai gubernur Jawa Tengah yang terbukti punya rekam jejak dalam memajukan perekonomian di daerahnya.

"Pengalaman keberhasilan dari Pak Ganjar karena angkatan kerja itu banyak dari lulusan SMA. Sehingga pendidikan pendidikan fokasi yang sudah dilakukan oleh Pak Ganjar itu akan menjadi model untuk mengupgrade kapasitas dan kemampuan pekerjaan dari manusia manusia Indonesia," katanya.

Sementara terkait dengan ekonomi digital yang disebut menjadi isu andalan Cawpres nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka, menurutnya tak perlu dikhawatirkan.

Dia menyinggung, ekonomi digital tanpa regulasi yang tepat juga tidak akan membantu pengusaha UMKM dalam menggunakan platform digital dengan baik.

"Ekonomi digital tanpa regulasi tidak akan memberikan suatu ruang bagi UMKM kita untuk menggunakan platform digital dengan sebaik-baiknya, sebagai wahana dalam promosikan produk dan transaksi bisnis yang lebih berkeadian," kata Hasto.

Di situlah, menurutnya, peran Mahfud paling diharapkan. Sebagai tokoh yang memiliki rekam jejak di bidang penegakan hukum, Mahfud diyakini bisa memberikan solusi terkait regulasi.

"Prof Mahfud hadir bagi wong cilik. Kemampuan hukum dari Prof Mahfud akan digunakan dalam menata seluruh mata rantai kehidupan perekonomian nasional kita sehingga mendapatkan manfaat sebesar-besarnya bagi wong cilik. itu komitmen yang tidak dimiliki pasangan calon lain," pungkasnya.

Rekomendasi