Gibran Janji Siapkan Ahli Digital Menyambut Indonesia Emas dalam Debat Cawapres 2024

| 22 Dec 2023 19:50
Gibran Janji Siapkan Ahli Digital Menyambut Indonesia Emas dalam Debat Cawapres 2024
Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka. (Tangkapan layar)

ERA.id - Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menyampaikan jika ia terpilih akan melanjutkan hilirisasi di zaman pemerintahan Joko Widodo, sekaligus melakukan percepatan dan perbaikan. Salah satunya dengan menyiapkan ahli-ahli di bidang digital termasuk artificial intelligence (AI), robotik, kripto, untuk menyambut Indonesia Emas 2045.

"Hilirasi digital akan kami genjot, kita akan siapkan anak-anak muda yang ahli artificial intelligence, ahli block chain, ahli robotik, ahli perbankan syariah, ahli kripto," ujar Gibran dalam pidato pembuka debat cawapres perdana di JCC, Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023).

"Narasi besarnya di sini adalah keberlanjutan, percepatan, dan penyempurnaan," lanjutnya.

Menurut Gibran, pemerintahan hari ini sudah berhasil mempertahankan stabilitas ekonomi dan ia akan melanjutkannya jika terpilih, termasuk membuka peluang investasi sebesar-besarnya, hilirisasi di berbagai bidang, dan pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Kita akan lanjutkan jhiliraisasi bukan hanya tambang saja, tapi juga pertanian, perikanan, digital, dan lain-lain," ucapnya.

"Kita genjot terus ekonomi kreatif dan UMKM. Kita punya 64 juta UMKM yang menyumbang 61% untuk PDB (produk domestik nasional) kita," lanjutnya.

Debat kedua dalam rangkaian kampanye pemilu presiden yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) ini membahas tema seputar ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur dan perkotaan.

Sebelumnya, debat pertama yang mempertemukan ketiga calon presiden (capres) 2024 telah dilaksanakan pada Selasa (12/12/2023) lalu di Kantor KPU.

Rekomendasi