Cak Imin Akui Tak Tahu SGIE, Rela Waktu Jawabnya Hampir Habis Demi Dengar Penjelasan Gibran

| 22 Dec 2023 21:58
Cak Imin Akui Tak Tahu SGIE, Rela Waktu Jawabnya Hampir Habis Demi Dengar Penjelasan Gibran
Muhaimin Iskandar. (Tangkapan Layar)

ERA.id - Calon wakil presiden (cawapres) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengaku tidak tahu dengan pertanyaan cawapres Gibran Rakabuming Raka terkait State of the Global Islamic Economy (SGIE).

Awalnya, Gibran bertanya ke Cak Imin tentang caranya untuk menaikkan peringkat Indonesia di SGIE. Cak Imin lalu secara jujur menjawab tidak tahu SGIE.

"Bagaimana langkah Gus Muhaimin untuk menaikkan peringkat Indonesia di SIGE?" tanya Gibran debat cawapres di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (22/12/2023).

"Terus terang SGIE saya nggak paham, SGIE itu apa?" tanya Cak Imin.

Moderator lalu bertanya ke Cak Imin mau melanjutkan menjawab atau tidak. Pasangan Anies Baswedan ini menyudahinya dan menyebut tidak tahu SGIE.

Gibran lalu menjelaskan kepanjangan SGIE adalah State of Global Islamic Economy. Wali Kota Solo ini menyebut pemerintah perlu mengerti masalah SGIY bila ingin mengembangkan ekonomi syariah.

Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini lalu menyampaikan makanan halal Indonesia telah masuk ke dalam peringkat 10 besar SGIE.

"Misalnya yang sekarang yang sudah masuk peringkat 10 besar adalah makanan halal kita, skincare halal kita, fashion kita, nah itu yang saya masuk, Gus. Dan, ya mohon maaf kalau pertanyaannya agak sulit ya Gus," ujar Gibran.

Setelah mengetahui apa itu SGIE, Cak Imin menyampaikan pemerintah butuh regulasi dan perangkat pendukung lainnya untuk menaikkan peringkat Indonesia di dalam SGIE.

Rekomendasi