Gibran Dituduh Pakai Tiga Mikrofon Oleh Roy Suryo, Ketua KPU: Tukang Fitnah!

| 24 Dec 2023 19:40
Gibran Dituduh Pakai Tiga Mikrofon Oleh Roy Suryo, Ketua KPU: Tukang Fitnah!
Ketua KPU (Dok: KPU RI)

ERA.id - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy'ari menyebut Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo sebagai tukang fitnah. Roy dianggap memberi "keterangan palsu" perihal calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka memakai tiga mikrofon saat debat cawapres pada Jumat (22/12) lalu.

Hasyim menanggapi cuitan Roy Suryo di akun X-nya @KRMTRoySuryo1. Dalam cuitan Roy Suryo, ia menuding Gibran memakai tiga mikrofon sekaligus selama debat cawapres Jumat (22/12) lalu.

Menurut menjelaskan bahwa seluruh cawapres termasuk Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan Mahfud MD memakai alat yang sama ketika debat.

Penggunaan tiga mikrofon sekaligus, kata Hasyim, untuk mengantisipasi bila ada salah satu alat yang mati.

Publik bisa bertanya kepada stasiun TV penyelenggara maupun tim pasangan calon perihal pemasangan mikrofon. Hasyim menegaskan KPU siap bertanggung jawab jika ada kekeliruan atau kesalahan.

"Debat spontan, nggak mungkin didikte, dengerin bisikan atau baca contekan. Roy Suryo memang tukang fitnah," ucap Hasyim kepada wartawan dikutip Minggu (24/12/2023).

Sebelumnya, Roy Suryo membuat cuitan di akun X atau Twitter dengan menyematkan foto calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka yang dia duga memakai tiga mikforon selama debat. Dalam cuitan itu, Roy mempertanyakan penggunaan tiga mikrofon tersebut.

"Kemarin sudah saya duga, untuk menghindari cheating, sebaiknya next KPU adil. Kenapa si nomor 2 ini sampai gunakan 3 (tiga) mic sekaligus: 1. Clip-on, 2. Hand-held & 3. Head-set? Apa gunanya juga ada Earphone? Siapa yang bisa feeding ke telinganya? Mengapa 2 calon yang lain beda? Ambyar," tulis Roy Suryo di akun X-nya, KRMTRoySuryo1 dikutip Minggu (24/12/2023).

Rekomendasi