Ricuh Iringan Antar Jenazah Lukas Enembe, 14 Orang Luka-Puluhan Rumah Dirusak Hingga Dibakar

| 28 Dec 2023 22:30
Ricuh Iringan Antar Jenazah Lukas Enembe, 14 Orang Luka-Puluhan Rumah Dirusak Hingga Dibakar
Rombongan pengantar jenazah Lukas Enembe sebelum terbang ke Papua (Antaranews) E

ERA.id - Kapolda Papua Irjen Mathius D. Fakhiri menyebut sebanyak 14 orang luka-luka akibat kericuhan saat iring-iringan jenazah mantan Gubernur Papua, Lukas Enembe, pada Kamis (28/12/2023).

Mathius menjelaskan sejumlah insiden terjadi selama pengantaran jenazah ke rumah duka, terutama di depan Sekolah Teologia Atas Injili (STAKIN).

"Kami mencatat beberapa insiden selama pelaksanaan penyerahan Jenazah kepada pihak keluarga. Terdapat 14 korban luka, termasuk Pj Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun, 8 aparat keamanan, dan 5 warga masyarakat. Selain itu, ada 1 mobil yang dibakar, 5 kendaraan rusak berat, 3 bangunan dan sekitar 25 perumahan mengalami kerusakan serta pembakaran," kata Mathius kepada wartawan, Kamis (28/12/2023).

Total kerugian masih dalam tahap penghitungan. Pj Gubernur Papua dalam kondisi stabil, namun akan menjalani pengobatan lebih lanjut di Jakarta.

“Meskipun beberapa aparat keamanan menjadi korban, saya menegaskan bahwa kami tetap berkomitmen untuk melakukan pengamanan dan pengawalan hingga pemakaman selesai, agar massa dapat kembali ke rumah masing-masing dengan aman,” ucapnya.

Sebelumnya, polisi menduga kericuhan yang terjadi saat iring-iringan jenazah Lukas Enembe karena ada provokator.

"Ricuhnya itu ada yang memprovokasi ya. Petugas aparat dilakukan pelemparan padahal kita sedang melakukan pengamanan," kata Kapolresta Jayapura Kombes Victor D. Mackbon kepada wartawan, hari ini.

Kericuhan awalnya terjadi di barisan paling belakang iring-iringan. Aparat pun meminta massa untuk tenang, namun tak diindahkan.

Akibat peristiwa itu, Pj Gubernur Papua mengalami luka di bagian kepala akibat terkena lemparan batu.

Kapolda Papua Irjen Mathius D. Fakhiri juga diserang sejumlah massa saat kericuhan tersebut. Namun, jenderal bintang dua Polri ini aman dan tak mengalami luka karena langsung dievakuasi.

Sejumlah anggota TNI-Polri juga mengalami luka-luka dari peristiwa itu. Namun, Victor belum merinci ada berapa anggota yang terluka.

Rekomendasi