Kronologi Pengantaran Jenazah Lukas Enembe Ricuh, Pj Gubernur dan Kapolda Papua Jadi Sasaran Massa

| 28 Dec 2023 15:00
Kronologi Pengantaran Jenazah Lukas Enembe Ricuh, Pj Gubernur dan Kapolda Papua Jadi Sasaran Massa
Rombongan pengantar jenazah Lukas Enembe sebelum terbang ke Papua (Antaranews)

ERA.id - Pengantaran jenazah eks gubernur Papua, Lukas Enembe, dari Bandara Sentani menuju STAKIN, Jayapura, diwarnai kericuhan. Sekelompak masyarakat dalam jumlah besar ikut rombongan pengantar jenazah pada Kamis (28/12/2023).

Meski demikian, kronologi pengantaran jenazah Lukas Enembe ricuh tidak diketahui secara pasti. Jenazah Lukas tiba di Bandara Sentani pada Kamis, pukul 09.20 WIT. Di sana, jenazah langsung dibawa ke ruang VIP bandara untuk didoakan.

Setelah itu, jenazah dibawa ke STAKIN untuk disemayamkan. Warga sekitar ternyata telah berkumpul untuk mengiringi rombongan keluarga yang membawa jenazah Lukas ke STAKIN.

Pengantar Jenazah Lukas Enembe Ricuh

Saat rombongan mengantarkan jenazah ke STAKIN, terjadi kericuhan. Dikutip dari KompasTV, ada bebera kejadian yang membuat situasi menjadi ricuh selama arak-arakan dilakukan.

Disebutkan bahwa massa melakukan perusakan terhadap fasilitas kantor yang ada di sepanjang jalan dari Bandara Sentani menuju Lapangan STAKIN. Tak hanya itu, massa membakar mobil dan menyerang aparat keamanan.

“Massa sempat dilarang untuk melakukan arak-arakan,” terang Findi, jurnalis KompasTV.

Pihak keluarga Lukas Enembe dan gereja tidak memiliki rencana melakukan arak-arakan untuk mengantarkan jenazah Lukas. Namun, massa dalam jumlah yang besar telah berkumpul dan tidak mampu dihalau sehingga arak-arakan dilakukan.

Dalam kejadian tersebut, jumlah aparat pengamanan tidak sebanding engan ribuan massa yang memadati jalan.

Jenazah Lukas Enembe sebelum dibawa ke Papua (antaranews)

PJ Gubernur dan Kapolda Jadi Korban

Dalam sejumlah video yang beredar, warga berlarian saat kericuhan terjadi. Sebuah mobil bahkan diketahui hangus terbakar.

Dilansir Kliktimes, di antara orang-orang yang lari salah satunya adalah PJ Gubernur Papua, M. Ridwan Rumasukun. Dia berlari dengan kawalan.

Ridwan tampak mengenakan kemeja putih. Dilaporkan, Ridwal mengalami luka pada bagian kepala akibat peristiwa tersebut. Hal ini dibenarkan oleh pihak kepolisian.

"Iya benar ada yang memprovokasi sehingga anarkis," terang Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo, melalui pesan singkat.

Salah satu korban lain adalah Kapolda Papua, Irjen Mathius D. Fakhiri. Irjen Mathius pun langsung dievakuasi.

"Beliau sudah diamankan di Pos Polisi Sentani," terang Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Parabowo, Kamis (28/12/2023).

Meski demikian, Benny belum menjelaskan lebih jauh terkait kronologi Irjen Mathius jadi sasaran kericuhan.

"Masih menunggu informasi kondisi beliau," kata Kombes Benny.

Beberapa pihak diketahui menjadi korban dari kerusuhan massa pengantar jenazah Lukas Enembe. Polda Papua masih mendata para korban, baik aparat maupun sipil.

"Iya (ada aparat diserang) saya belum mendapatkan data korban masyarakat, maupun aparat," jelas Benny.

Seperti diketahui, Lukas Enembe meninggal dunia pada Selasa (26/12/2023). Dia tiba di Jayapura hari ini dan akan dimakamkan nanti sore.

Itulah beberapa info terkait kronologi pengantaran jenazah Lukas Enembe ricuh. Untuk mendapatkan info terbaru lainnya, ikuti terus Era.id.

Rekomendasi