Diduga Kampanye Prabowo-Gibran, Gus Miftah Bagi-Bagi Uang ke Warga Jadi Sorotan, Netizen: Money Politic

| 29 Dec 2023 10:25
Diduga Kampanye Prabowo-Gibran, Gus Miftah Bagi-Bagi Uang ke Warga Jadi Sorotan, Netizen: Money Politic
Gus Miftah (Foto: Twitter/@iwantarigan)

ERA.id - Media sosial dihebohkan dengan beredarnya video aksi pendakwah Gus Miftah yang tengah bagi-bagi uang ke warga. Apalagi, ia dikenal sebagai pendukung Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapes) nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Dalam video itu, pendakwah bernama asli Miftah Maulana Habiburrahman ini mengenakan baju oranye dan memegang banyak uang dengan nominal Rp2000 rupiah. Uang itu diberikan kepada warga sekitar. 

Tak hanya itu, terlihat beberapa orang di belakang Gus Miftah dengan bangganya memperlihatkan baju hitam bergambar Menteri Pertahanan (Menhan) RI.

Akun Twitter @iwantarigan menandai akun Twitter Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU), Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Divisi Humas Polri agar segera menindaklanjuti aksi dilakukan oleh sahabat Deddy Corbuzier.

"Cara cara Berpolitik yg tidak sehat mohon @bawaslu_RI @KPU_ID @DivHumas_Polri manangkap oeang orang begini!," tulisnya.

Unggahan itu dibanjiri respon netizen. Mereka mengungkapkan jika aksi dilakukan pendakwah berusia 43 tahun ini adalah money politic. 

Politik uang atau money politic merupakan upaya memengaruhi pilihan pemilih (voters) atau penyelenggara pemilu dengan imbalan materi atau yang lainnya. Tindakan ini sebagai salah satu bentuk suap.

"Ini sudah jelas melanggar dengan gunakan money politic. Apakah nanti Bawaslu dan KPU akan bilang lagi bahwa tidak terbukti dan bukan jenis pelanggaran? Kalau memang jawaban @bawaslu_RI dan @KPU_ID akan seperti itu. Mending bubarkan aja Bawaslu," cuit akun @carlitovit****

"Ini politik uang namanya kemana Bawaslu apa tidur kalau Paslon lain udah ditindak kenapa ini nggak ya??? Apa ini namanya pemilu jurdil," komentar akun @A7*****

"Setelah melihat video ini saya percaya kalau teman saya di pesantren tidak mengarang cerita soal ustaz money politic." kata akun @ndil***_

Diketahui, pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka semakin kuat dipilih dan didukung oleh para pemilih yang beragama Islam, salah satunya Gus Miftah. Sampai sekarang ini, Gus Miftah belum buka suara terkait beredarnya video dirinya bagi-bagi uang lantaran diduga kampanye untuk Kubu Prabowo-Gibran.

Rekomendasi