Mahfud Pastikan Kerja Menko Polhukam Tak Terganggu Selama Kampanye, Akui Hanya Kampanye Jumat Sampai Minggu

| 03 Jan 2024 22:03
Mahfud Pastikan Kerja Menko Polhukam Tak Terganggu Selama Kampanye, Akui Hanya Kampanye Jumat Sampai Minggu
Menko Polhukam Mahfud Md ANTARA/Genta Tenri Mawangi.

ERA.id - Calon Wakil Presiden Nomor Urut 3 Mahfud Md. memastikan kerjanya sebagai menteri koordinator bidang politik, hukum, dan keamanan (menko polhukam) tidak terganggu selama masa kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Mahfud, saat ditemui pada sela-sela kegiatannya di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan di Jakarta, Rabu, menyampaikan dia tetap berkantor selama hari kerja.

“Saya memang aktif ngantor. Saya itu kampanyenya hanya Jumat, Sabtu, Minggu. Di luar itu, saya tidak menggunakan atribut-atribut kecawapresan,” kata Mahfud kepada wartawan dikutip dari Antara, Rabu (3/1/2024).

Dia melanjutkan selama berkantor pun agenda-agenda rutin dan pekerjaannya sebagai menko polhukam pun tetap berjalan, termasuk terkait disposisi surat-surat. Mahfud menjamin tidak ada disposisi surat yang harus menunggu lebih dari tiga hari.

“Tidak ada di sini, misalnya, surat-surat yang belum saya disposisi lebih dari tiga hari. Semuanya jalan, yang rutin-rutin dari menko polhukam jalan. Itu saja,” kata Mahfud Md.

Mahfud Md. pada hari ke-37 kampanye Pilpres berkantor seperti biasa di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Rabu. Dia menyempatkan bertemu wartawan untuk memberikan tanggapan dan jawaban terkait isu-isu terkini termasuk soal kepemiluan, kemudian rapat bersama jajarannya.

Kemudian, Mahfud melayat ke rumah duka almarhum Rizal Ramli di daerah Jakarta Selatan pada Rabu siang.

Selepas jam kerja, Mahfud berkegiatan sebagai cawapres di daerah Marunda, Jakarta Utara, dan dia dijadwalkan menghadiri perayaan natal dalam acara Konser Lilin Putih Indonesia di Balai Sarbini, Semanggi, Jakarta Selatan.

KPU RI menetapkan masa kampanye Pilpres 2024 berlangsung pada 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024, kemudian masa tenang pada 11-13 Februari 2024. KPU menetapkan pemungutan suara Pemilu Serentak 2024 pada 14 Februari.

KPU juga telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres sebagai peserta pemilu, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (nomor urut 1), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (nomor urut 2), dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD (nomor urut 3).

Mahfud, sebagaimana pasangan Prabowo-Gibran, saat ini masih aktif sebagai pejabat publik. Dengan demikian, mereka sering kali memanfaatkan akhir pekan dan hanya mengambil satu hari kerja untuk cuti selama masa kampanye.

Rekomendasi