Muhaimin Minta Ganti Panelis Debat Ketiga dari Unhan, Dianggap Ganggu Objektivitas: Unhan di Bawah Prabowo

| 04 Jan 2024 20:45
Muhaimin Minta Ganti Panelis Debat Ketiga dari Unhan, Dianggap Ganggu Objektivitas: Unhan di Bawah Prabowo
Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar saat kampanye di Islamic Center, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Rabu (3/1/2024). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

ERA.id - Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar mengatakan keberadaan dua panelis dari Universitas Pertahanan (Unhan) pada debat ketiga capres Pemilu 2024 bisa mengganggu objektivitas.

Di sela-sela kampanye di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis, Muhaimin menilai hal itu karena Unhan masih berada di bawah koordinasi Kementerian Pertahanan (Kemhan) yang saat ini dipimpin oleh Prabowo Subianto.

​​​​​​​

"Karena itu mengganggu objektivitas. Karena apa pun, Unhan di bawah Pak Prabowo, menhan," kata Muhaimin dalam keterangan yang diterima di Jakarta dikutip dari Antara, Kamis (4/1/2023).

Muhaimin berharap Komisi Pemilihan Umum (KPU), selaku penyelenggara debat capres-cawapres Pemilu 2024, bisa mengganti kedua panelis debat tersebut, supaya debat capres yang akan diselenggarakan pada Minggu (7/1) dapat berjalan secara objektif.

"Karena itu, saya protes. Syukur-syukur bisa diganti," ujarnya.

​​​​​​​

Sebelumnya, Rabu (3/1), KPU mengumumkan 11 nama panelis debat capres ketiga Pemilu 2024 yang mengusung tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

​​​​​​​

Dua di antara 11 panelis debat tersebut adalah pakar keamanan dari Unhan Kusnanto Anggoro dan Ketua Dewan Guru Besar Unhan Laksamana TNI (Purn) Marsetio.

​​​​​​​

Debat ketiga capres Pemilu 2024 akan berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, pada tanggal 7 Januari 2024, dengan topik pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

​​​​​​​

KPU RI telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

​​​​​​​

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Rekomendasi