Ganjar Tegaskan Lagi Komitmen Kemerdekaan Palestina dalam Debat Ketiga Capres 2024

| 07 Jan 2024 22:15
Ganjar Tegaskan Lagi Komitmen Kemerdekaan Palestina dalam Debat Ketiga Capres 2024
Capres Ganjar Pranowo. (Tangkapan layar Youtube KPU)

ERA.id - Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo menegaskan kembali komitmennya untuk mendorong dekolonisasi di seluruh dunia jika terpilih sebagai presiden berikutnya, khususnya terkait kemerdekaan Palestina.

Dalam penyampaian visi-misinya, Ganjar menyampaikan bahwa Indonesia punya kesepakatan dekolonisasi untuk membebaskan seluruh bangsa.

"Kita tidak pernah lupa Indonesia selalu setia terhadap kesepakatan yang pernah diambil, dekolonisasi yang dilakukan, mendorong, meyakinkan kita semua untuk membebaskan seluruh bangsa tanpa boleh mengintervensi satu dengan yang lain, dan inilah komitmen kita kepada kemerdekaan Palestina yang kita dukung terus menerus," ujarnya dalam Debat Ketiga Capres Pemilu 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).

Debat yang diikuti oleh para capres untuk kedua kalinya ini mengangkat tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Dalam debat kali ini, Ganjar menyampaikan bahwa politik luar negeri yang bersifat bebas aktif harus didefinisikan ulang dengan menyesuaikannya terhadap kondisi kekinian.

"Ini penting karena kita perlu untuk memilah, memilih, dan memprioritaskan yang menjadi kekuatan, keinginan dari bangsa dan negara ini," tegas Ganjar.

Sebelumnya, debat pertama capres Pemilu 2024 telah diselenggarakan di Kantor KPU RI, Jakarta, pada 12 Desember 2023. Kemudian, debat kedua cawapres Pemilu 2024 digelar di JCC Senayan, Jakarta, pada 22 Desember 2023.

Rangkaian debat capres-cawapres dijadwalkan masih berlangsung dua kali lagi, yakni pada 21 Januari 2024 dan 4 Februari 2024.

Rekomendasi