Mutiara Baswedan Ungkap Cara Anies Mendidiknya, Sebut Anies Tak Pernah Dominasi Saat Sampaikan Pendapat

| 09 Jan 2024 18:34
Mutiara Baswedan Ungkap Cara Anies Mendidiknya, Sebut Anies Tak Pernah Dominasi Saat Sampaikan Pendapat
Mutiara Annisa Baswedan dalam kegiatan siniar ANTARA TV di Jakarta, Selasa (9/1/2024). (ANTARA/Donny Aditra)

ERA.id - Putri sulung calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan, Mutiara Annisa Baswedan, mengungkapkan tiga nasihat hidup yang selalu diajarkan ayahnya kepada dirinya dan tiga adiknya untuk menjalani hidup bermanfaat bagi masyarakat.

Mutiara mengatakan nasihat hidup pertama dari ayahnya adalah untuk jangan pernah takut dengan apa pun bila ingin berbuat baik kepada orang lain.

"Abah sama mama itu selalu mengajarkan, kalau kita melakukan hal yang baik, yang tidak untuk diri sendiri tetapi orang lain, maka jangan takut," kata perempuan yang akrab disapa Tia itu dalam program siniar TV di Jakarta dikutip dari Antara, Selasa (9/1/2024).

Nasihat kedua, lanjut Tia, ialah supaya menjadi pribadi yang selalu menghargai setiap proses yang sudah dan akan dilewati, sehingga tidak menjadi individu instan.

Kemudian, nasihat ketiga yang selalu ditekankan Anies kepada anak-anaknya ialah agar selalu memegang teguh setiap prinsip yang diajarkan.

"Dan yang bahwa kami harus memegang teguh prinsip-prinsip yang diajarkan," tutur putri dari Fery Farhati itu.

Tia menyebutkan ketiga nasihat itu selalu menjadi panduan bagi dirinya dan ketiga adiknya untuk menjalani hidup di mana pun mereka berada.

Dari beberapa nasihat hidup yang diberikan oleh orang tuanya, ketiga nasihat hidup itu selalu diulang-ulang disampaikan kepada dirinya dan ketiga adiknya.

Dalam kesehariannya, menurut Tia, Anies selalu menyampaikan nasihat dengan cara berdiskusi dan mendengar pendapat dari keempat anaknya. Sehingga, Tia merasa tidak ada kesan mendominasi saat menyampaikan pendapat di lingkungan keluarganya.

Oleh karena itu, kebiasaan tersebut selalu diusahakan untuk diterapkan kepada siapa pun yang menjadi lawan bicara, seperti teman, keluarga, maupun masyarakat.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

​​​​​​​

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Rekomendasi