Ganjar Janji Buka Pusat Pelatihan Bisnis di Seluruh Indonesia Jika Menang Pilpres 2024

| 10 Jan 2024 09:06
Ganjar Janji Buka Pusat Pelatihan Bisnis di Seluruh Indonesia Jika Menang Pilpres 2024
Ganjar Pranowo (Gabriella Thesa/ ERA)

ERA.id - Calon Presiden (Capres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo menjanjikan untuk membuka pusat pelatihan bisnis ke seluruh Indonesia untuk mengembangkan industri UMKM, apabila memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Dia lantas memamerkan pusat pelatihan bisnis Hetero Space di Banyumas yang menjadi programnya saat menjabat sebagai gubenur Jawa Tengah. Pegiat UMKM yang pernah mengikuti pelatihan di situ terbukti semakin berkembang.

"Benar (pusat pengembangan bisnis menjadi program nasional)," kata Ganjar saat ditemui di Hetero Space, Banyuwangi, Jawa Tengah, Selasa (9/1/2024).

Dia bahkan mengharapkan program pusat pengembangan seperti Hetero Space tidak hanya untuk bisnis atau UMKM saja. Tetapi juga bisa menjadi wadah bagi seniman bahkan musisi untuk mengembangkan karya-karyanya.

"Tinggal fasilitasnya saja yang ditambah. Sehingga kelompok-kelompok kreatif nanti akan bisa berlatih di sini. Dan kalau ini kita kembangkan hampir di seluruh Indonesia, rasanya akan terfasilitasi," paparnya.

Dalam kesempatan itu, Ganjar mengaku senang ketika ada salah satu peserta Hetero Space menceritakan penjualannya meningkat 200 persen setelah mengikuti pelatihan.

Sebab, pelatihan yang diberikan tidak sekedar msngenai membuat kemasan yang menarik. Tetapi juga bagaimana pengelolaan keuangan atas hasil usahanya.

"Mengharukan buat saya ketika ibu yang jualan ikan kecil-kecil itu dia mengatakan, ‘Pak Ganjar waktu ke sana dulu, lalu kemudian kita mengendorse, penjualannya naik sampai 200 persen’. Itu menyenangkan. Atau barangkali, ketika dia packagingnya buruk, diperbaiki karena konsultasi di sini, maka lebih baik," pungkasnya.

Rekomendasi