Heboh Soeharto Versi AI Kampanye Ajak Pilih Golkar, Sebut SBY hingga Jokowi

| 10 Jan 2024 15:10
Heboh Soeharto Versi AI Kampanye Ajak Pilih Golkar, Sebut SBY hingga Jokowi
Tangkapan layar Soeharto versi AI (X Erwin Aksa)

ERA.id - Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Erwin Aksa mengunggah video mirip Presiden RI ke 2 Soeharto yang dibuat dengan kecerdasan buatan di akun X-nya @erwinaksa_id. Dalam narasinya, ia menuliskan harapan dan perjuangan bangsa Indonesia tak akan pernah padam, akan selalu diwujudkan dalam setiap generasi.

"Mimpi-mimpi Indonesia akan selalu terwujud. Pada 14 Februari 2024, kita akan menentukan nasib bangsa Indonesia. Kita harus memilih wakil rakyat dan pemimpin yang tepat untuk Indonesia, untuk seluruh rakyat Indonesia," tulis Erwin lewat akunnya, Rabu (10/1/2024).

Ia menjelaskan video ini dibuat menggunakan teknologi AI untuk mengingatkan betapa pentingnya suara pemilih dalam pemilihan umum yang akan menentukan masa depan. "Agar harapan rakyat Indonesia terwujud dan sejahtera," katanya.

Dalam video yang diunggah Erwin, Soeharto memakai baju batik kuning dan peci hitam berlatar kuning. Di belakangnya terdapat bendera Merah Putih dan bendera Partai Golkar.

"Bismillahirahmanirrahim, pada 14 Februari 2024, kita akan berkumpul untuk menentuka nasib bangsa kita. Kita akan memilih wakil rakyat yang memiliki kemampuan untuk mendengar dan mewujudkan aspirasi masyarakat. Saya Presiden Soeharto, Presiden Indonesia yang ke-2 mengajak anda untuk memilih wakil rakyat dari Golkar yang bisa melanjutkan mimpi saya tentang kemajuan Indonesia," kata Soeharto versi kecerdasan buatan (AI) dikutip dari video tersebut.

Soeharto versi AI tersebut mengatakan impiannya membangun Indonesia yang maju dan sejahtera melalui pembangunan infrastruktur melalui jalan tol hingga bendungan. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Jokowi dianggap telah melanjutkan pekerjaan tersebut.

"Edukasi sebagai kunci utama pembangunan bangsa telah saya wujudkan melalui ribuan SD impres. Komitmen ini harus terus berkembang. Saya bermimpi tentang sekolah-sekolah AI dan keamanan cyber," katanya.

Ia bermimpi tak ada lagi rakyat kelaparan, harga sembako stabil, dan bulog menjadi garda terdepan untuk memastikan keadilan pangan bagi rakyat. Termasuk melawan mafia hingga penimbun beras yang merugikan rakyat. Soeharto versi AI tersebut juga berkampanye untuk Golkar.

"Impian saya adalah impian anda. Dan mimpi saya adalah mimpi rakyat Indonesia. Saya yakin bersama Golkar kita dapat mewujudkan mimpi ini," katanya.

Unggahan ini diunggah ulang sebanyak 174 kali dan dikomentari banyak netizen.

"Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Erwin Aksa mengunggah video mirip Presiden RI ke 2 Soeharto yang dibuat dengan kecerdasan buatan di akun X-nya @erwinaksa_id. Dalam narasinya, ia menuliskan harapan dan perjuangan bangsa Indonesia tak akan pernah padam, akan selalu diwujudkan dalam setiap generasi," tulis akun @akulu****.

"Orang yg sudah meninggal lama terus dihidupkan kembali dgn teknologi AI berpidato mendukung golkar, dimana moral dan adab?" tulis akun @mashaza****.

"Bro gw ga begitu ngikutin politik tapi cara main lu keterlaluan.

1. Pake sosok orang yang udah meninggal. Harusnya ga perlu dibawa bawa lagi, biarin tenang aja ngapa?

2. Pake AI, menimbulkan kegaduhan karena banyak masyarakat ga paham AI," tulis akun  @xpotato****.

Rekomendasi