Singgung Soal Standar Etika dan Rekrutmen KPK, Anies: Jangan yang Sekedar Mencari Pekerjaan

| 18 Jan 2024 09:00
Singgung Soal Standar Etika dan Rekrutmen KPK, Anies: Jangan yang Sekedar Mencari Pekerjaan
Paslon nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. (Gabriella Thesa/ERA)

ERA.id - Calon Presiden (Capres) nomor urut satu, Anies Baswedan menyinggung soal standar etika dan proses rekrutmen pegawai di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kedua hal itu akan diperbaiki apabila dia dan Calon Wakil Presidennya Muhaimin Iskandar memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal itu disampaikan saat menghadiri acara Penguatan Antikorupsi Untuk Penyelenggara Negara Berintegritas (PAKU Integritas) di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (17/1/2024).

"Kita ingat era di mana KPK datang ke suatu tempat tidak mau ikut makan, tidak mau ikut kegiatan yang didanai di luar kpk. Standar yang tinggi harus dikembalikan ke KPK,” kata Anies.

Anies menilai, perbaikan standar etika penting dilakukan untuk mengembalikan marwah KPK. Sehingga, para pimpinan maupun pegawai bisa bekerja dengan standar etik yang tinggi.

Berikutnya, Anies juga bicara soal rekruitmen di komisi antirasuah. Dia mengaku ingin memperbaiki proses yang berjalan bukan hanya di lingkup pimpinan tapi juga pegawai.

“Rekrutmen di KPK kita perbaiki sama-sama. Seperti tadi disampaikan di tingkat pimpinan yg diusulkan presiden tapi juga rekrutmen staf supaya sekadar mencari pekerjaan tapi menjadi tempat memberantas korupsi. Ini hal pertama yang ingin kami lakukan,” pungkasnya.

Rekomendasi