Bicara Pencegahan Korupsi, Ganjar Singgung Keteladanan Pemimpin

| 18 Jan 2024 09:10
Bicara Pencegahan Korupsi, Ganjar Singgung Keteladanan Pemimpin
Calon Presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo. (Gabriella Thesa/ERA).

ERA.id - Calon Presiden (Capres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo menyinggung soal keteladanan pemimpin dalam upaya pencegahan korupsi.

Hal itu disampaikan saat menghadiri acara Penguatan Antikorupsi Untuk Penyelenggara Negara Berintegritas (PAKU Integritas) di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (17/1/2024).

Awalnya, dia menceritakan pengalamannya saat mendapati anak buahnya ada yang korupsi karena disuruh oleh satu atasannya.

"Kalau kamu disuruh, pimpinanmu minta katakan 100 berapa yang kamu cari, ‘200 pak’. ‘Yang 100 buat siapa?’, ‘buat saya, saya bagi ke teman-teman’," kata Ganjar.

Ganjar kemudian menyebut kejadian ini sangat disayangkan karena pimpinan harusnya memberikan contoh. Begitu juga dengan upaya pemberantasan korupsi.

Mantan gubernur Jawa Tengah itu kemudian menekankan pentingnya peran seorang pemimpin.

Menurutnya, percuma bicara soal pencegahan korupsi apabila seorang yang menjadi pemimpin tidak bisa menjadi teladan yang baik.

"Saya dalami, bagaimana menurut anda kita harus mencegah korupsi. Gampang, pak, ada teladan dan contoh dari pimpinan? Kalau tidak ada, jangan mimpi tinggi-tinggi," pungkas Ganjar.

Rekomendasi