Muhaimin Singgung Food Estate Gagal dalam Debat Cawapres: Ini Harus Dihentikan!

| 21 Jan 2024 20:00
Muhaimin Singgung Food Estate Gagal dalam Debat Cawapres: Ini Harus Dihentikan!
Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar. (YouTube KPU RI)

ERA.id - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar menyinggung program food estate yang gagal dalam Debat Keempat Cawapres Pemilu 2024 di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (22/1/2024), dan bertekad akan menghentikannya.

Dalam penyampaian visi-misi dan program kerjanya, pria yang akrab disapa Cak Imin itu mengaku prihatin dengan pengadaan pangan nasional melalui program food estate.

"Kita sangat prihatin upaya pengadaan pangan nasional dilakukan melalui food estate. Food estate terbukti mengabaikan petani kita, meninggalkan masyarakat adat kita, menghasilkan konflik agraria, dan bahkan merusak lingkungan. Ini harus dihentikan," ujar Cak Imin.

Dalam debat keempat bertemakan energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat, Cak Imin memaparkan isu petani hingga nelayan yang semakin tertinggal.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyampaikan data 16 juta petani hanya memiliki tanah setengah hektar sementara individu tertentu punya lahan ratusan ribu hektar.

"Hari ini kita saksikan bukti bahwa hasil sensus BPS (Badan Pusat Statistik), pertanian kita 10 tahun ini telah terjadi jumlah petani rumah tangga gurem berjumlah hampir 3 juta. Ini artinya 16 juta rumah tangga petani hanya meiliki tanah setengah hektar, sementara ada seseorang yang memiliki tanah 500 ribu hektar sebagai kekuasaan yang diberikan negara kepadanya," ujar Cak Imin.

Ia menegaskan ke depan rakyat harus dilibatkan dalam penyusunan kebijakan, karena pemilik negeri ini sesungguhnya adalah rakyat, sementara pemerintah hanya pelaksana.

"Desa harus jadi titik tumpu pembangunan. Reforma agraria harus menjadi kepastian distribusi lahan bagi para petani kita," tegasnya. 

​​​​​​​Rangkaian debat capres-cawapres Pemilu 2024 terakhir akan berlangsung pada 4 Februari untuk capres dan mengusung tema kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia (SDM), dan inklusi.

​​​​​Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari. Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Rekomendasi