Debat Keempat Cawapres, Muhaimin: Hormati Masyarakat Adat Bukan Pakai Pakaian Adat Setahun Sekali

| 21 Jan 2024 21:05
Debat Keempat Cawapres, Muhaimin: Hormati Masyarakat Adat Bukan Pakai Pakaian Adat Setahun Sekali
Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar. (YouTube KPU RI)

ERA.id - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar menyebut perhormatan terhadap masyarakat adat bukan hanya dengan memakai pakaian adat setahun sekali saat 17 Agustus dalam Debat Keempat Cawapres Pemilu 2024 di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (22/1/2024).

"Menghormati masyarakat adat bukan memakai pakaian adat setahun sekali 17 Agustus. Menghormati masyarakat adat adalah memberikan ruang hak ulayat mereka, hak budaya mereka, hak spiritual mereka, hak dan kewenangan mereka menentukan cara membangun," ungkap Muhaimin. 

Hal itu disampaikan dalam sesi ketiga debat, di mana masing-masing cawapres menjawab pertanyaan dari panelis seputar tema energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat. 

Awalnya, cawapres nomor urut 3 Mahfud MD mendapat pertanyaan soal bagaimana strateginya untuk memulihkan hak-hak masyarakat adat, mengingat banyak kebijakan agraria sering tanpa persetujuan masyarakat adat dan merampas wilayah mereka.

Menurut Mahfud, strateginya adalah penertiban birokrasi pemerintah dan aparat penegak hukum. Karena selama ini, banyak aparat yang tidak mau melaksanakan aturan.

"Empat hari lalu, ketika kami ketemu di KPK, saya ulangi, KPK mengatakan itu banyak tuh izin-izin tambang sudah dicabut oleh Mahkamah Agung, tidak dilaksanakan sampai 1 tahun setengah," ungkap Mahfud.

Muhaimin lalu menambahkan bahwa salah satu upaya yang mesti dilakukan pemerintah untuk meminimalisir konflik adalah dengan menyertakan masyarakat adat dalam pengambilan keputusan dan pembangunan nasional.

"Kita harus betul-betul punya prinsip tidak ada satu pun yang ditinggalkan dalam mengambil keputuskan, libatkan masyarakat adat itu," ujar Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut.

Rangkaian debat capres-cawapres Pemilu 2024 terakhir akan berlangsung pada 4 Februari untuk capres dan mengusung tema kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia (SDM), dan inklusi.

​​​​​Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari. Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Rekomendasi