Aksi Gibran Merunduk Saat Cari Jawaban Mahfud MD: Kok Enggak Ketemu Jawabannya

| 21 Jan 2024 22:00
Aksi Gibran Merunduk Saat Cari Jawaban Mahfud MD: Kok Enggak Ketemu Jawabannya
Gibran Rakabuming Raka (tangkap layar Youtube KPU)

ERA.id - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka dan Cawapres nomor urut tiga, Mahfud MD saling sindir dalam debat keempat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 yang digelar di JCC, Jakarta, Minggu (21/1/2024).

Awalnya, Gibran diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada Mahfud mengenai Greenflation. Namun, wali kota Solo itu tidak menjelaskan apa yang maksud pertanyaannya hingga ditegur mederator.

"Bagaimana cara mengatasi greenflation?" tanya Gibran kepada Mahfud.

"Kami sampaikan kembali sesuai aturan terminologi harus dijelaskan," kata moderator.

Para pendukung yang hadir di lokasi debat pun riuh. Gibran langsung menenangkan, dan mengatakan, alasannya tak menjelaskan karena merasa Mahfud seorag profesor yang seharusnya sudah paham pertanyaannya.

Dia lantas menjelaskan bahwa greenflation adalah inflasi hijau.

"Tunggu, ini tadi tidak saya jelaskan, karena kan beliau kan seorang profesor. Oke, greenflation adalah inflasi hijau, sesimpel itu," ucap Gibran.

Mahfud lantas menjawab pertanyaan Gibran dan menyinggung soal ekonomi hijau.

Namun, Gibran justru menyindir Mahfud dengan menunjukan gestur seperti sedang mencari-cari sesuatu. Dia kemudian menilai, menko polhukam itu tidak menjawab pertanyaannya.

"Saya lagi nyari jawabannya prof mahfud, saya nyari-nyari di mana ini jawabannya. Kok enggak ketemu jawabannya. Saya tanya masalah inflasi hijau, kok malah menjelaskan ekonomi hijau," sindirnya.

Gibran langsung menjelaskan bahwa transisi energi hijau harus hati-hati. Jangan sampai membebankan rakyat seperti yang terjadi di Perancis.

Rekomendasi