Pertanyaannya Dibilang Receh, Gibran Sebut Mahfud Ngambek

| 21 Jan 2024 22:20
Pertanyaannya Dibilang Receh, Gibran Sebut Mahfud Ngambek
Gibran sebut Mahfud MD ngambek (Dok: Tangkapan layar YouTube KPU RI)

ERA.id - Calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka menyebut cawapres Mahfud MD ngambek usai ditanya pertanyaan sulit ketika debat cawapres di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat (Jakpus), Minggu (21/1/2024).

Awalnya, Mahfud diberi kesempatan oleh moderator untuk bertanya kepada Gibran. Sebelum bertanya, Menkopolhukam ini menjelaskan dirinya menghormati Gibran sebagai cawapres dan tak akan bertanya pertanyaan receh.

"Mas Gibran, saya menghormati anda sebagai calon wakil presiden sehingga saya tidak akan bicara secara menjebak dan receh-receh," kata Mahfud saat debat cawapres di JCC, Jakpus, Minggu (21/1/2024).

Mahfud lalu bertanya mengapa Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih melakukan impor pangan pada periode keduanya sebagai presiden. Padahal ketika debat capres dengan Prabowo Subianto pada 2019 lalu, Jokowi menyebut tak akan lagi melakukan impor pangan.

"Pak Jokowi bilang nggak akan mengimpor, tapi sampai sekarang kita masih mengimpor banyak, masih mengimpor banyak malah semakin banyak mafianya impor-mengimpor bahan pangan itu. Nah itulah apa usulan anda untuk menyelesaikan masalah lima tahun lalu ini?" tanya Mahfud.

Sebelum menjawab, Gibran menyebut Mahfud "ngambek" dengan dirinya karena kerap ditanya pertanyaan sulit. Dia lantas meminta Mahfud untuk menjawab pertanyaannya bila memang hanya receh.

"Sepertinya Prof Mahfud agak ngambek ya soalnya saya sudah dua kali memberikan pertanyaan yang sulit. Carbon capture, greenflation, selalu dikomenin pertanyaan receh. Ya kalau receh ya dijawab Pak, gitu lho, segampang itu," ucap Gibran.

Debat cawapres kedua atau debat rangkaian keempat kali ini mengangkat tema energi, Sumber Daya Manusia (SDM), Sumber Daya Alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat. 

Dalam kesempatan debat cawapres kedua kali ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar acara di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta. Debat dimulai pukul 19.00 WIB.

Rekomendasi