Gibran Dianggap Songong Saat Debat Cawapres, TKN: Celingak-celinguk Itu Respon Agar Debat Jadi Riang Gembira

| 22 Jan 2024 06:34
Gibran Dianggap Songong Saat Debat Cawapres, TKN: Celingak-celinguk Itu Respon Agar Debat Jadi Riang Gembira
Cawapres, Gibran Rakabuming Raka. (tangkap layar Youtube KPU)

ERA.id - Calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka viral di media sosial usai mengikuti debat cawapres di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat (Jakpus), Minggu (21/1/2024).

Dilihat ERA di media sosial X atau Twitter, Minggu (21/1/2024), Gibran disebut "songong" oleh netizen karena sikapnya yang celingak-celinguk ketika menanggapi jawaban cawapres Mahfud MD. 

Dikonfirmasi, Komandan Tim Kampanye Nasional (TKN) Fanta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Arief Rosyid Hasan menyebut respon Gibran yang celingak-celinguk saat debat cawapres untuk mencairkan suasana.

"Jadi sekali lagi tadi kalau ditanya celingak-celinguk, itu respon dari Mas Gibran gitu ya agar suasana debat itu jadi lebih riang gembira, lebih santuy," kata Arief di JCC, Jakpus, Minggu (21/1/2024).

Arief menjelaskan Gibran melakukan hal tersebut karena pada debat sebelumnya suasana cukup tegang. Menurutnya, apa yang dilakukan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini merupakan contoh dari politainment.

"Kalau dalam teori politik ya ada yang disebut dengan politainment ya, politik entertainment. Jadi apa yang ditampilkan oleh Mas Gibran itu pengin, sebenarnya pengin membuat suasana itu santai," ujarnya.

Terkait pertanyaan Gibran yang disebut Mahfud merupakan pertanyaan receh, Arief tak mempersoalkannya. Sebab, Wali Kota Solo ini menjawab pertanyaan dan memberi pernyataan tentang substansi atau terkait anak muda. Contohnya, perihal kebutuhan lapangan pekerjaan.

"Ya receh kan, tapi kalau nggak bisa dijawab kan juga kasihan ya. Jadi saya kira sekali lagi Mas Gibran sampai hari ini menunjukkan apa yang kita harapkan sebagai generasi muda," ucapnya.

Rekomendasi