Dibilang Tak Beretika, TKN Sebut Gibran Sangat Sopan Saat Debat

| 22 Jan 2024 17:30
Dibilang Tak Beretika, TKN Sebut Gibran Sangat Sopan Saat Debat
Suasana debat keempat Pilpres 2024 di JCC, Minggu (21/1/2024). (ANTARA Foto/M Risyal Hidayat)

ERA.id - Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Saleh Partaonan Daulay, menyebut calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka merupakan sosok yang sangat sopan saat Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center, Minggu (21/1/2024).

"Kalau ada yang menyatakan etika ke Gibran, tentu tidak pas, sebab pada kenyataannya Gibran sangat sopan," kata Saleh dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Senin (22/1/2024), dikutip dari Antara.

Menurutnya, Gibran telah bertanya sesuai dengan topik saat debat kemarin.

Saleh menilai cawapres lain yang menyinggung etika Gibran semata-mata karena yang bersangkutan tidak mampu menjawab pertanyaan.

"(Gibran) bertanya sesuai topik dan tidak asal-asalan. Kalau ada yang tidak bisa jawab, itu bukan berarti yang bertanya tidak beretika. Itu hanya kelemahan lawan debat yang tidak siap,” ucap Saleh.

Selain itu, Saleh juga menyayangkan kecenderungan pengguna media sosial yang turut mempertanyakan etika Gibran dan menegaskan bahwa Gibran menunjukkan etika sopan santun ketika debat.

"Kalau di medsos, pagi ini yang dikejar malah soal etika. Padahal, Gibran itu sangat sopan: Menyalami semua kandidat yang lebih senior; menundukkan badan sebagai bagian dari rasa hormat; dan selama debat sering sekali meminta maaf jika ada kalimat yang salah," katanya.

"Kalau mau jujur, Gibran kan dikeroyok juga kiri kanan, tetapi dia mampu menjawab dan memberikan solusi atas persoalan yang disodorkan. Dia memang betul-betul siap," lanjutnya.

Saleh justru balik mempertanyakan etika dari calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan dan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo yang ketika debat sebelumnya dinilai menyerang Prabowo Subianto.

"Anies dan Ganjar kan memberi nilai sangat rendah. Tujuannya apa itu? Ya pasti untuk menjatuhkan. Untungnya Prabowo tenang, tidak terpancing, dihadapi dengan sabar," tambahnya.

Debat cawapres kemarin membahas tema seputar energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat. 

Rangkaian debat capres-cawapres Pemilu 2024 terakhir akan berlangsung pada 4 Februari untuk capres dan mengusung tema kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia (SDM), dan inklusi.

​​​​​Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari. Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Rekomendasi