Prabowo Enggan Ikuti Jejak Mahfud Mundur dari Kabinet, Sekjen PDIP: Sayang kan Anggarannya Besar

| 01 Feb 2024 15:00
Prabowo Enggan Ikuti Jejak Mahfud Mundur dari Kabinet, Sekjen PDIP: Sayang kan Anggarannya Besar
Prabowo enggan ikuti jejak Mahfud mundur dari kabinet (Dok: Gabriella/ERA)

ERA.id - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto berharap, langkah Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut tiga, Mahfud MD yang mundur dari Kabinet Indonesia Maju ditiru pejabat publik lainnya, termasuk Calon Presiden (Capres) nomor urut dua yang juga Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto.

"Keputusan (mundur) diambil dengan bijak, diambil dengan niat baik dan itulah yang telah dilakukan oleh Prof Mahfud Md. Semoga keteladanan integritas dari prof Mahfud Md ini dapat menular, termasuk ke Pak Prabowo sehingga (mundur)," kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (1/2/2024).

Meski begitu, Hasto tak yakin Prabowo rela mundur dari jabatannya. Apalagi anggaran Kementerian Pertahanan (Kemenhan) cukup besar.

"Ya meskipun anggaran di sana besar sekali, sehingga rasanya kalau mundur dengan anggaran sebesar itu sayang. Tapi ini merupakan sikap yang gentleman," kata Hasto.

Sebelumnya, Mahfud mengaku sudah membuat surat pengunduran diri dari jabatan Menkopolhukam. Surat tersebut terus dibawanya dan akan diberikan ketika bertemu Jokowi.

"Dan surat ini akan disampaikan begitu saya mendapat jadwal ketemu dengan Presiden," ucapnya.

Mahfud mengatakan dirinya harus menyampaikan langsung surat pengunduran dirinya ke Jokowi karena Jokowi lah yang telah mengangkat dirinya menjadi Menkopolhukam.

"Kenapa saya harus mengambil momentum penting untuk menyampaikan langsung ke Bapak Presiden, Pak Jokowi, karena saya dulu diangkat dengan penuh kehormatan dan kepercayaan. Saya dipercaya oleh beliau dengan sungguh-sungguh," ujarnya

Dia berharap surat pengunduran dirinya bisa diserahkan pada Kamis (1/2/2024) besok ketika bertemu Jokowi di Jakarta.

Terpisah, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang juga Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani menyebut Prabowo tak akan berhenti sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) sampai akhir jabatannya meski menjadi calon presiden (capres).

"Kami menyarankan kepada Pak Prabowo untuk tidak perlu mundur sebagai menhan dan kami minta agar Pak Prabowo menyelesaikan tugasnya sampai akhir periode sebagai Menhan," kata Ahmad Muzani kepada wartawan, Rabu (31/1).

Rekomendasi