Anies Nilai Aktivis Pekerja Migran Perlu Dilibatkan Dalam Perlindungan PMI

| 04 Feb 2024 20:55
Anies Nilai Aktivis Pekerja Migran Perlu Dilibatkan Dalam Perlindungan PMI
Calon Presiden RI Anies Baaswedan dalam debat kelima Pilpres 2024 di Jakarta, Minggu (4/2/2024) malam. ANTARA/Ade Irma Junida

ERA.id - Calon Presiden (Capres) Anies Baswedan menilai aktivis pekerja migran perlu dilibatkan dalam perlindungan pekerja migran Indonesia (PMI). Saat bertemu dengan PMI di Malaysia, ia menilai memiliki kewenangan di pemerintahan tak berarti punya pengetahuan tentang permasalahan.

"Pengetahuan siapa yang tahu? Justru aktivis-aktivis pekerja migran, jadi kami melihat harus dilibatkan para aktivis pekerja migran," kata Anies dalam debat capres di Jakarta, Minggu (4/2/2024).

Menurutnya, para aktivis tersebut yang mengetahui inti masalah dalam perlindungan pekerja migran. Pemerintah memang melindungi dari sejak keberangkatan hingga PMI sampai di negara tujuan, tapi di tengah itu banyak masalah yang tidak diketahui.

"Libatkan mereka, lalu negara kolaborasi," katanya.

KPU RI menggelar Debat Kelima Capres Pemilu 2024 yang diikuti tiga capres di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Minggu malam, mulai pukul 19.00 WIB.

Debat kali ini mengangkat tema terkait kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Debat capres tersebut akan dipandu dua moderator, yakni Andromeda Mercury dan Dwi Anggia. Kemudian, ada 11 orang panelis sebagai tim penyusun pertanyaan untuk ketiga capres peserta Pilpres 2024.

Rekomendasi